Rabu, 28 September 2022

Ini Sejarah di Balik Mangkuk Ayam Jago yang Tampil di Google Doodle

Berita Terkait

Ini 5 Etika Berwisata bagi Pelancong

Tur Kerajaan Ternyata Anggota Kerajaan Dapat Gaji

Lampang Rooster Bowl yang disajikan di Google Doodle pada Senin (12/9/2022). (ANTARA/Google)

batampos- Mangkuk ayam jago sangat terkenal, sebab banyak kita temui di kios kios makanan di pasar. Mangkuk yang bernama Lampang Rooster Bowl ini, Senin (12/9) dirayakan oleh Google Doodle.

Dikutip dari keterangan resmi Google Doodle, Senin (12/9), popularitas dari desain peralatan makan tradisional yang menampilkan ayam jantan berekor hitam dengan bunga peony dan daun pisang tersebut merupakan salah satu alasan Google merayakannya hari ini.

BACA JUGA: Baim Wong Lepas Citayam Fashion Week

Peralatan dapur tahan lama ini sangat populer di Asia, sehingga pemerintah Thailand mendaftarkan mangkuk ayam sebagai produk Indikasi Geografis Lampang pada hari ini di tahun 2013.

“Ini artinya, hukum perdagangan internasional menegaskan kualitas dan reputasi mangkuk ayam yang dibuat di wilayah tersebut,” kata Google Doodle.

Mangkuk bergambar ayam ini diimpor ke Thailand dari China. Dalam karya seni aslinya, ayam jago melambangkan kerja keras, sedangkan daun pisang dan peony merah melambangkan mimpi keberuntungan.

Pada tahun 1957, para pengusaha membuka banyak pabrik peralatan dapur ayam jago di provinsi Lampang, Thailand. Wilayah itu, yang penuh dengan mineral lempung, lebih cocok untuk pembuatan keramik.

Saat Lampang mulai memproduksi peralatan makan secara massal dengan desain ayam jantan, mangkuk tersebut menjadi salah satu produk terlaris di kawasan ini — membawa stabilitas keuangan dan kebebasan bagi penduduk lokal Lampang.

Meskipun Lampang terus memproduksi mangkuk ayam hingga saat ini, hanya sedikit pabrik yang mampu mendesain mangkuk ayam sesuai dengan gaya dan bahan tradisional, menyebabkan mangkuk ayam asli yang dilukis dengan tangan menjadi barang koleksi langka. (*)

reporter: antara

Update