Rabu, 7 Desember 2022

Ini 7 Cara Mudah Agar Gula Darah Tetap Stabil

Berita Terkait

Ilustrasi: Untuk membuat gula darah tetap stabil salah satunya adalah diet dengan menreapkan hidup sehat. (istimewa)

batampos – Kadar gula darah harus dikontrol supaya stabil. Karena gula darah yang melebihi batas normal bakal berujung pada diabetes. Caranya diet dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Edukator diabetes Megan Asterino-McGeean, BSN, RN, CDCES menyarankan untuk mengelola nutrisi, meningkatkan aktivitas dan menjaga berat badan. ”Cobalah mengelola nutrisi, tingkat aktivitas, dan berat badan untuk mengendalikan gula darah,” katanya seperti dilansir dari Cleaveland Clinic, Minggu (3/7)

Sebelum berujung pada obat-obatan dalam kondisi komplikasi, cobalah mencegahnya dengan cara sederhana seperti ini:

1. Tinggalkan Minuman Manis

Minuman yang dimaniskan dengan gula adalah satu alasan penyebah gula darah tinggi. Batasi atau bahkan tinggalkan sama sekali akan menurunkan gula darah, serta membantu penurunan berat badan

”Tinggalkan soda dan minuman manis hingga berenergi untuk gula darah tetap stabil,” katanya.

2. Jadilah Cerdas Karbohidrat

Meskipun Asterino-McGeean mengatakan karbohidrat tetap dibutuhkan tubuh, namun karbohidrat berlebih akan meningkatkan gula darah. Makan terlalu banyak karbohidrat meningkatkan kadar gula.

“Itulah mengapa konsistensi seimbang adalah kuncinya,” katanya.

Asterino-McGeean merekomendasikan makan karbohidrat dengan porsi yang sama setiap kali makan. Karbohidrat kompleks yang padat nutrisi, tinggi serat, adalah pilihan sehari-hari yang lebih baik daripada karbohidrat olahan sederhana. Misalnya umbi-umbian dan kacang-kacangan.

Baca juga : Diet Sehat, Bonus Langsing

3. Makan Makanan Seimbang

Karbohidrat membutuhkan pendamping. Seimbangkan dengan makanan lain seperti sayuran non-tepung dan protein tanpa lemak.

4. Bergerak

Semakin sedikit Anda bergerak, semakin tinggi gula darah. Olahraga juga merupakan salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan, suasana hati, dan tingkat metabolisme Anda secara keseluruhan.

American Diabetes Association menyarankan untuk memulai dengan sekitar 30 menit latihan kardio atau aerobik tiga kali seminggu. Atau cobalah berjalan cepat, dengan sedikit latihan ketahanan dan latihan kekuatan.

5. Hilangkan Stres

Karena stres memengaruhi gula darah, penting untuk menemukan cara untuk mengatasinya. Misalnya mengalihkan lewat hobi, olahraga, atau terapi bicara.

6. Cek Kadar Gula Darah

Pantau kadar gula dapat membantu Anda memecahkan masalah ketika Anda mengalami lonjakan gula darah.
Gunakan glukometer (monitor gula darah) untuk memastikan Anda berada dalam kisaran target yang direkomendasikan oleh dokter.

7. Berhenti merokok

Nikotin meningkatkan gula darah karena mempengaruhi bagaimana tubuh Anda merespon insulin. Dan merokok menyebabkan peradangan, yang juga dapat meningkatkan gula darah. Maka stop merokok. (*)

Reporter : JPGroup

Update