Kamis, 8 Desember 2022

Ini 5 Kesalahan Perawatan Kulit yang Harus Dihindari Saat Musim Hujan

Berita Terkait


Ilustrasi: Selama musim hujan, kulit tetap harus dirawat. (Photo: India Today/Getty Images)

batampos – Ini kesalahan perawatan kulit yang cenderung dilakukan saat musim hujan. Selama musim hujan dengan cuaca cenderung lembab yang membuat kulit lengket harus menjadi perhatian.

Beberapa kesalahan penerapan perawatan kulit yang harus Anda hindari di musim hujan seperti dilansir India Today diantaranya:

1. Memakai Make up yang Berat

Mengaplikasikan make up tebal di musim hujan tidak tepat. Jerawat bisa meradang saat musim hujan. ”Skincare rutin harus terdiri dari kombinasi AHA, BHA, pelembab ringan dan tabir surya jika Anda memiliki jerawat,” saran Dr Ishad Aggarwal.

Dr Sachin Varma, seorang dokter kulit, menyuarakan pemikiran serupa. Katanya, dengan meningkatnya kelembaban, riasan menempel pada kulit dan meningkatkan kemungkinan alergi hingga pembentukan jerawat dan penyumbatan pori-pori.

Ia juga menyarankan untuk tidak tidur dengan riasan yang masih menempel. Hal itu akan membuat kulit susah bernafas yang ujungnya membuat kulit kusam. ”Menggunakan riasan ringan berbahan dasar bedak dan menghapusnya lebih awal adalah kunci kulit sehat bercahaya di musim hujan ini,” katanya.

2. Mengabaikan Kebersihan Harian

Infeksi jamur sangat umum terjadi karena keringat berlebih dan kelembapan. Menjaga kebersihan pribadi yang baik dan mandi dua kali sehari sangat penting selama musim ini.

3. Tidak Menggunakan Tabir Surya

Tabir surya adalah bagian tak terelakkan dari rutinitas perawatan kulit dan harus digunakan sepanjang tahun. Tabir surya tidak hanya dimaksudkan untuk musim panas. Selama musim hujan tabir surya tetap wajib dipakai.

Saran Dr Aggarwal tabir surya berbasis air dan silikon sangat ideal untuk musim hujan.

”Meskipun matahari mungkin tidak sekeras di musim panas, sinar UV dapat menembus awan dan masih dapat merusak kulit Anda. Menggunakan tabir surya setiap hari, baik di dalam maupun di luar ruangan, dapat membantu mencegah kerusakan akibat sinar UV dan menjaga kulit Anda tetap bersinar,” kata Dr Varma.

Tetap pakai pelembab selama musim hujan. (Photo: India Today/Pexels)

4. Tidak Memakai Pelembab

Selain menggunakan tabir surya secara teratur, Anda juga harus terus mengoleskan pelembab pada kulit selama musim hujan.

”Hanya karena ada kelembapan dan kulit Anda tidak terasa kering, bukan berarti kulit Anda tidak membutuhkan pelembab. Pelembab menghaluskan kulit, melindunginya dari kerusakan lingkungan dan membantu menjaganya tetap sehat. Oleh karena itu, teruslah melembabkan kulit Anda seperti yang Anda lakukan di musim-musim lainnya,” kata Dr Sachin Varma.

5. Tidak Cukup Minum AIr

Kesalahan penting lainnya yang harus Anda hindari selama musim hujan adalah tidak menganggap serius asupan air Anda.

”Seseorang mungkin tidak merasa haus di musim hujan, tetapi ingat sebagian besar tubuh Anda adalah air dan karenanya, memiliki lebih sedikit air dapat membuat kulit Anda mengalami dehidrasi dari dalam,” kata Dr Sachin Varma.

Minumlah 8-10 gelas air seperti biasa selama musim hujan. Kata Dr Sachin Varma, kulit selalu lebih haus.

”Minum banyak air pasti bermanfaat bagi kulit Anda agar tetap terhidrasi dari dalam dan membuatnya terlihat cerah dan berkilau. Air juga mengeluarkan racun dari tubuh dan membersihkan pori-pori kulit Anda,” pungkas Dr Sachin Varma. (*)

Reporter : umy

Update