Kamis, 25 April 2024

Ingin Bibir Merah Alami, Stop Jilati Bibir

Berita Terkait

Ilustrasi merawat bibir. (Bustle)

batampos – Bibir merah alami selalu diinginkan semua orang. Karena bibir merah alami selain menunjukkan kecantikan juga sebagai tanda kesehatan.

Bibir yang gelap dan hitam memang tidak sedap dipandang mata. Ini biasa terjadi pada perokok dan sering terpapar sinar matahari.

Medical News Today melalui laman resminya mengungkapkan, meski bibir memiliki banyak warna, ukuran, dan bentuk masih mungkin mengubahnya dengan cara alami, salah satu caranya adalah menghindari menjilat bibir terlalu sering.

Baca juga: Lipstik Lebih Rapi, Bibir Lebih Seksi

Cara lainnya agar bibir bisa merah alami:

1. Menghindari penyebab bibir gelap
Cara agar bibir merah alami adalah dengan menghindari penyebab umum yang bisa membuat bibir menjadi gelap. Di antaranya adalah merokok, paparan sinar matahari, serta obat-obatan seperti antimalaria dan antibiotik oral.

Penyebab lainnya yang alami dan tidak bisa dihindari adalah kehamilan dan genetik. Ibu hamil mungkin akan mendapat gejala seperti bibir pucat, pecah-pecah, dan gelap.

2. Memijat lembut bibir
Pijat ini bertujuan melancarkan sirkulasi darah yang mengarah ke bibir. Hasil pemijatan rutin sehari sekali akan membuat bibir tampak sehat berwarna merah muda.

Pemijatan lebih baik malam menggunakan minyak kelapa, kemudian membiarkan minyak itu semalaman untuk menjaga bibir tetap terhidrasi tidak kering.

3. Masker bibir
Masker bibir adalah metode perawatan dengan mengoleskan zat dan membiarkannya selama beberapa waktu kemudian mencucinya hingga bersih. Berdasarkan tinjauan kesehatan, masker bibir dari kunyit dapat meningkatkan kesehatan sekaligus memperindah penampilan.

Cara menggunakan masker bibir dari kunyit dimulai dengan mencampur bubuk kunyit dengan minyak kelapa. Kemudian mengoleskan ke bibir dan biarkan selama 15 menit. Cuci bersih bibir sampai kering.

Sebagai catatan, bahan kunyit sebagai masker untuk membuat bibir merah alami akan mengubah warna di sekitar mulut menjadi kekuning-kuningan. Warna ini tidak permanen, hanya sementara.

4. Ubah kebiasaan menjilat bibir
Sebagai langkah preventif, sebaiknya menghindari kebiasaan menggigit dan menjilat bibir. Alih-alih bibir terhidrasi, ini justru dapat menyebabkan gejala sebaliknya, yaitu kekeringan, pecah-pecah, dan gelap.

5. Menggunakan produk alami
Beberapa produk agar bibir merah alami adalah scrub dan lip balm. Jika menggunakan produk tersebut, lebih baik konsultasi dulu dengan dokter spesialis kecantikan.
Enggan menggunakan produk scrub dan lip balm pabrikan? Ada alternatif terbaik yang berasal dari bahan alami.

Ganti scrub dengan gula putih, cara agar bibir merah alami menggunakan gula punya fungsi layaknya scrub, yaitu membantu mengangkat sel kulit mati di bibir. Kamu juga bisa mengganti lip balm dengan madu, sebagai bahan alami yang sudah terkenal sejak dulu untuk kecantikan, madu dapat membuat bibir terhidrasi seperti menggunakan lip balm pabrikan. (*)

Reporter: JPGroup

Update