Senin, 27 Mei 2024

Han Hyo-joo Fobia Kamera di Awal Karier

Berita Terkait

han-hyo-joo (soompi)

batampos – Han Hyo-joo mengaku fobia kamera di awal kariernya, kini bintang Moving dan Believer 2 ini ingin menjajal bermacam karakter dan tentu tidak lagi takut saat berhadapan dengan kamera.

Han Hyo-joo membuka diri di hadapan para peserta sesi Actor’s House di KNN Theater, Busan, pada Sabtu (7/10) malam. Dalam sesi yang merupakan bagian dari Busan International Film Festival (BIFF) 2023 itu, Hyo-joo bercerita soal naik turunnya dalam dunia seni peran. Pemeran Lee Mi-hyun dalam serial Moving (2023) itu menyatakan, akting adalah perjalanan yang membentuk dirinya. Baik personal maupun profesional.

Sesi Hyo-joo dipandu moderator Baek U-na. Tampil rapi dengan setelan maskulin, Hyo-joo menyapa para peserta yang sebagian besar adalah penggemarnya. ’’Senang bisa berjumpa dengan kalian di sini,’’ ujarnya.

Hyo-joo kemudian menceritakan masa lalunya. Sejak masuk SMA, dia ingin menjadi aktris. Namun, di kampung halamannya di Cheongju, tidak ada sekolah akting yang bisa membantunya berlatih. ’’Saya sampai harus ke akademi akting di Yeouido setiap akhir pekan selama setahun untuk belajar akting,’’ papar aktris film 20th Century Girl (2022) itu.

Baca juga:Infeksi Ginjal & Usus, Ressa Herlambang Tak Sadar Selama Dua Hari

Keterampilan akting semakin terasah ketika Hyo-joo masuk jurusan theater and film di Dongguk University. Meski punya latar belakang pendidikan dan pelatihan akting, Hyo-joo tak memungkiri bahwa awal kariernya sebagai aktris juga penuh tekanan. ’’Aku debut sebagai aktris tepat saat aku masuk jurusan teater dan film. Jadi, ya, aku tidak punya banyak bekal,’’ kata perempuan yang mulai berakting sejak 2005 itu.

Tidak hanya gugup karena merasa minim pengalaman akting, Hyo-joo juga mengalami kesulitan ketika berada di depan kamera. ’’Aku bahkan sampai takut membuka pintu mobil dan berhadapan dengan kamera. Katanya, aku ini fobia kamera. Pokoknya benar-benar sulit dan aku sering menangis,’’ ujar Hyo-joo.

Di tengah kegamangannya, Hyo-joo bertemu seorang aktris senior yang dianggapnya sebagai mentor. Yakni, Kim Hae-sook, yang menjadi lawan main Hyo-joo di serial Spring Waltz (2006). Hae-sook, yang menjadi ibu Seo Eun-young/Park Eun-young (karakter Hyo-joo di Spring Watlz), menasihatinya. ’’Kata beliau, ’kamu tidak bisa melakukan hal yang sudah kulakukan selama puluhan tahun dalam waktu singkat, jadi terimalah prosesnya’. Nasihat tegas beliaulah yang menjadi penyemangatku,’’ kenang Hyo-joo.

Nasihat Hae-sook manjur. Hyo-joo menunjukkan performa unggul di Spring Waltz dan terus berlatih sehingga dia mulai kebanjiran proyek akting hampir setiap tahun setelah Spring Waltz. Salah satu yang paling ikonik adalah perannya sebagai Hong Yi-soo di film komedi romantis The Beauty Inside (2015). ’’Menurutku, banyak penggemar yang ingin melihat diriku sebagai Yi-soo,’’ katanya.

Namun, Hyo-joo ingin mengolah talentanya lebih jauh. Aktris 36 tahun itu menyatakan bahwa dia ingin menjadi aktris yang versatile alias serbabisa. Tidak terpaku pada stereotipe karakter atau genre tertentu. ’’Kurasa, aku suka sekali menciptakan karakter. Hal itu dan berakting adalah caraku untuk mendapat kebahagiaan saat sedang penat,’’ jelas Hyo-joo.

Perkataan Hyo-joo terbukti dari dua proyek teranyarnya. Yakni, Moving dan Believer 2. Di Moving, Hyo-joo berperan sebagai seorang ibu yang juga seorang jagoan. Selain mendalami peran dari skenario, rupanya Hyo-joo terinspirasi ibunya sendiri saat memerankan Mi-hyun. ’’Ibuku banyak berkorban demi anaknya, makanya aku rasa dia contoh yang bagus untuk memerankan Mi-hyun,’’ katanya.

Lantas, untuk perannya sebagai Big Knife di Believer 2, Hyo-joo akan mendapat peran antagonis pertamanya. Tampilannya pun jauh dari kesan romantis. Hyo-joo sampai harus diet ketat demi mendapat tubuh atletis dan berotot. Latihan beban, otot perut, serta diet berupa buah dan telur dilakoni Hyo-joo. Dia juga mengurangi asupan air demi mendapat tubuh berotot yang kering. ’’Memang sulit, tapi aku tipe orang yang puas ketika mencapai sesuatu,’’ jelas Hyo-joo.

Dia menambahkan bahwa untuk perannya sebagai Mi-hyun, beberapa fans, terutama laki-laki, agak kecewa. Sebab, penampilan Hyo-joo tidak seperti perannya di film romantis. ’’Kalau begitu, biar kukatakan, kalian akan lebih kecewa jika melihatku sebagai Big Knife di Believer 2, haha,’’ ujar Hyo-joo yang disusul tawa para penggemar.

Di akhir sesi, Hyo-joo mengapresiasi penggemarnya. Dia mengizinkan mereka untuk berswafoto dan menandatangani merchandise Moving. Bahkan, dia menerima sejumlah hadiah dari fans. ’’Aduh, terima kasih banyak, sampai jumpa lagi, ya,’’ katanya sembari menyapa fans yang menunggu di area luar KNN Theater. (*)

Reporter: jpgroup

Update