Kamis, 18 April 2024

GPS Tracker Kian Diminati

Berita Terkait

Aplikasi perangkat GPS tracker di kendaraan. (Spy Associate Security News)

batampos – Salah satu cara untuk melindungi kendaraan kita, terlebih yang bergerak di bidang usaha transportasi, saat ini lumrah ditemui penggunaan perangkat GPS tracker. Pelacakan armada GPS adalah teknologi yang kini telah teruji dan mampu melampaui fungsi keamanan bawaan kendaraan itu sendiri.

Teknologi ini sudah murah-murah dan mudah ditemui di pasaran. Adopsi perangkat GPS tracker memungkinkan Anda membuat jadwal pemeliharaan dengan peringatan otomatis berdasarkan pembacaan odometer atau pemeliharaan terjadwal.

Anda juga dapat membuat proses digital untuk aktivitas inspeksi dan pemeliharaan yang memungkinkan pengemudi dan tim pemeliharaan Anda melaporkan kesalahan yang dapat segera ditindaklanjuti.

Selain itu, bagi pengusaha transportasi, minat penggunaan GPS tracker juga naik. Ini lantaran sebagian besar pelacak GPS juga memiliki akselerometer internal. GPS tracker juga dapat memperingatkan pengemudi tentang pola perilaku mengemudi yang buruk, seperti pengereman mendadak, akselerasi mendadak, menikung tiba-tiba, dan ngebut.

Bahkan ada juga yang saat ini mulai dilengkapi dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence dengan kamera dasbor. Sehingga pemilik usaha transportasi dapat melihat lebih dalam lagi visibilitas terhadap gangguan pengemudian, tailgating, dan pelanggaran lalu lintas lainnya oleh pengemudi mereka.

Tren yang meningkat ini juga mulai dirasakan penyedia GPS tracker lokal yakni
Sumber Sinergi Makmur Tbk (IOTF), pemain utama GPS Tracker di pasar Indonesia dengan merek Fox Logger yang mengklaim berhasil meraih capaian mengesankan sepanjang tahun 2023. Hal tersebut ditandai dengan pertumbuhan finansial yang signifikan, ekspansi strategis, serta komitmen tinggi terhadap kepuasan pelanggan.

Beberapa performa finansial yang signifikan di 2023 itu antara lain: peningkatan pendapatan sebesar 38 persen dibanding tahun sebelumnya. Lalu, laba kotor melonjak sebesar 80 persen, mencerminkan operasi yang efisien dan kehadiran pasar yang kuat. Juga jumlah transaksi yang meningkat 29 persen, menunjukkan peningkatan kepercayaan konsumen dan basis pelanggan kami yang terus berkembang.

Tak hanya konsumen yang percaya. Di lantai bursa, investor juga memberikan kepercayaannya. IPO yang sukses pada Q4 2023, kini PT Sumber Sinergi Makmur Tbk dengan kode saham IOTF berada pada tren positif dengan harga saham yang melonjak sekitar 70 persen pasca-IPO.

“Ini melampaui ekspektasi kami, dan ini menegaskan kepercayaan investor kepada kami atas kinerja perusahaan selama ini,” ujar Alamsyah Cheung, Presiden Direktur IOTF di Jakarta.

Alamsyah menambahkan bahwa penyumbang utama pertumbuhan adalah divisi logistik dan rental. Keduanya menjadi kontributor kunci sukses tahun 2023, dengan menampilkan kinerja yang kuat dan sumbangan pendapatan yang substansial.

Kini, memasuki 2024 yang disebut juga Tahun Pemilu, IOTF berupaya melanjutkan laju impresifnya. “Fokus pada inovasi akan terus berlanjut ke tahun 2024. Kami bersiap meluncurkan beberapa produk baru, bertujuan memperkuat posisi pasar, mendorong pertumbuhan, dan mempertahankan biaya pemasaran yang rendah,” Alamsyah memaparkan.

“Kami terus berkomitmen untuk melampaui ekspektasi, menggerakkan nilai bagi pemangku kepentingan, dan secara konsisten meningkatkan penawaran kami untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang. Kepuasan pelanggan adalah target utama kami, menjadi dasar keberlanjutan dan pertumbuhan IOTF di masa depan,” pungkas Alamsyah. (*)

SourceJP Group

Update