Selasa, 21 Mei 2024

Gelar Konser Rimpang, ERK Ingin Bawakan Mirip dengan Rekaman

Berita Terkait

Efek Rumah Kaca (ERK)

batampos – Efek Rumah Kaca (ERK) bakal menggelar konser album Rimpang. Konser tersebut diadakan untuk merayakan album baru mereka yang dirilis pada awal 2023 itu. Rencananya, konser Rimpang diselenggarakan di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, pada 27 Juli.

Seminggu menjelang hari itu tiba, grup band yang terdiri atas Cholil Mahmud, Akbar Bagus Sudibyo, Poppie Airil, dan Reza Ryan tersebut menggelar latihan di Aula Gudskul, Jakarta Selatan, Rabu (19/7) malam. Latihan tersebut juga disaksikan para Penerka, sebutan penggemarnya.

baca juga:Cakra Khan Lolos Audisi America’s Got Talent 2023, Dapat Empat Yes

Bukan tanpa sebab ERK menggelar sesi tersebut. Pasalnya, seluruh track list lagu album Rimpang mengandung banyak elemen musik di dalamnya. Yang tentunya akan terdapat perbedaan dalam rekaman dan ketika dibawakan secara langsung.

Karena itu, ERK harus mengemas musik mereka dengan detail dan semirip mungkin dengan aslinya agar tidak merusak ekspektasi penonton. ’’Kalau di studio kan ada treatment sound tertentu, kalau di konser nggak mungkin. Nah, yang essential itu coba kami hadirkan. Dan, sebisa mungkin spiritnya diadain (di konser Rimpang, Red),” kata Reza.

Kondisi itu juga menjadi tantangan tersendiri bagi ERK. Khususnya, Akbar, drumer. Dia mengaku kesulitan untuk bermain secara langsung dengan sempurna seperti saat rekaman. ERK sampai harus melakukan ekstra latihan demi bisa membawakan lagu-lagu album Rimpang yang mirip dengan aslinya. ’’Nggak ngoyo juga, cuma kami berusaha persis aja. Dua bulan ini kami latihan rutin. Pelan-pelan lah kami bisa bermain lebih baik lagi,” tuturnya.

Hal serupa disampaikan sang vokalis. Cholil mengatakan bahwa mereka menghabiskan waktu selama berjam-jam setiap latihan selama beberapa minggu terakhir demi bisa menampilkan aksi panggung terbaik. ’’Kami menggarap pertunjukan ini dengan detail. Persiapan terus berlangsung. Nyaris setiap malam kalau tidak ada jadwal manggung,” ujarnya.

Konser Rimpang rencananya berlangsung sekitar dua jam yang terbagi menjadi dua sesi. Pertama, pertunjukan ERK membawakan keseluruhan track list album Rimpang. Kedua, menyanyikan beberapa single hit ERK di album lainnya.

Di sesi kedua, ERK juga menggaet sejumlah musisi ternama lain untuk memeriahkan konsernya. Ada Sivia Azizah, Gandhi, Gudtings, The Adams, Adrian Yunan, Anda Perdana, dan lainnya. ’’Pastinya yang ikut itu mereka (musisi, Red) yang terlibat dalam album-album kami. Termasuk album Rimpang,” terang Poppy. (*)

Reporter: jpgroup

Update