Kamis, 25 Juli 2024

Delapan Makanan Ini Bisa Bantu Bersihkan Ginjal

Berita Terkait

Kembang kol (tokotanaman)

batampos – Setidaknya ada delapan makanan yang dipercaya bisa membantu membersihkan ginjal. Dua di antaranya adalah ikan dan kembang kol.

Pola makan yang buruk dan stress kronis dapat mengganggu kesehatan, termasuk fungsi ginjal. Paparan racun dapat menyebabkan masalah pada ginjal.

Untuk itu, detoksifikasi pada ginjal diperlukan untuk membersihkan dan menghilangkan racun. Pembersihan pada ginjal baik untuk mencegah penumpukan kalsium, asam urat dan oksalat dalam urin.

Baca juga:Gideon Tengker Laporkan Rieta Amilia dan Nagita Slavina, Awalnya Terkait Harta Gono Gini Rp 300 Miliar

Untuk membersihkan ginjal, bisa dilakukan dengan mengosumsi makanan-makanan tertentu. Berikut 8 makanan yang dipercaya bisa membersihkan ginjal, apa saja?

1. Ikan

Dikutip dari Eat This Not That, ikan salmon, ikan tuna, dan ikan mackerel merupakan ikan yang baik untuk meningkatkan asam lemak omega-3 dan lemak tak jenuh tunggal dalam makanan. Sebuah meta analisis pada 2017 menemukan, omega-3 membantu menurunkan proteinuria, yang merupakan komplikasi umum pada penyakit ginjal.

2. Kembang kol

Sayuran kembang kol kaya akan antioksidan, seperti vitamin C, kalsium, zat besi, dan magnesium. Selain memberikan efek anti inflamasi, antivirus, dan antibakteri, kembang kol merupakan serat yang baik.

Mengonsumsi kembang kol adalah cara yang baik untuk membersihkan ginjal kamu. Kembang kol mudah diolah dan menjadi pilihan yang lebih baik daripada kentang.

3. Kubis

Kubis kaya akan kandungan nutrisi dan mineral yang baik untuk membantu menjaga kesehatan ginjal serta kesehatan perut. Dalam kubis mengandung kalsium, vitamin K, vitamin C, serat, mangan, vitamin B6, hingga folat. Selain itu sayuran ini rendah fosfor dan kalium, dua mineral yang sebaiknya dihindari jika penderita penyakit ginjal.

4. Semangka

Semangka merupakan diuretik ringan, yang dapat membantu menghidrasi dan membersihkan ginjal. Kandungan semangka juga kaya akan likopen, yang meningkatkan kesehatan jantung.

Semangka mengandung garam potasium dalam jumlah yang besar yang berguna dalam mengatur keasaman urin dan mencegah pembentukan batu ginjal. Dengan mengonsumsi semangka membantu menjaga kesehatan ginjal.

5. Bawang Bombay

Dilansir dari Healthline, bawang Bombay membantu memberikan rasa pada makanan dan juga bebas natrium pada ginjal. Bawang menyediakan vitamin C, mangan, vitamin B, dan folat.

Bawang mengandung serat probiotik yang menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat dengan memberikan makan bakteri usus yang baik.

6. Jamur shitake

Jamur shitake merupakan bahan makanan yang gurin yang bisa digunakan sebagai pengganti daging nabati, sehingga jamur ini cocok untuk orang dengan penyakit ginjal. Kandungan jamur shitake adalah vitamin B, tembaga, mangan, dan selenium yang baik untuk tubuh. Selain itu, jamur ini menyediakan protein nabati dan serat makanan dalam jumlah yang baik. Jamur shitake rendah potasium, natrium, dan fosfor yang baik untuk membantu mendetoksifikasi ginjal agar tetap sehat.

7. Putih telur

Putih telur mengandung sumber protein yang berkualitas tinggi dan ramah untuk ginjal, serta rendah fosfor Sehingga putih telur baik untuk membersihkan ginjal. Hindari mengonsumsi kuning telur karena mengandung banyak fosfor yang harus dihindari orang penderita masalah ginjal.

8. Buah berry

Cranberry mengandung fitonutrien yang disebut proanthocyanidins tipe A, yang dapat mencegah infeksi saluran kemih dan ginjal dengan mengurangi kadar bakteri dalam urin. Selain cranberry, kamu juga mengonsumsi blueberry yang kaya akan nutrisi dan antioksidan yang disebut antosianin, yang melindungi penyakit jantung, diabetes, dan penyakit lainnya. (*)

reporter: jp group

Update

Kol Ungu untuk Kesehatan Tulang

Nutrisi untuk Perkuat Daya Ingat Lansia

Rossa Akui Dekat dengan Afgan