Jumat, 19 Juli 2024

David Bayu Izinkan Lagunya Dibawakan tanpa Izin

Berita Terkait

David Bayu  (Shafa Nadia/Jawa Pos)

batampos – Mantan vokalis Naif, David Bayu mengizinkan lagunya dibawakan tanpa izin. Hal ini tentu berbeda dengan musisi lainnya. Polemik soal royalti masih menjadi topik yang belum menemukan solusi terbaik bagi musisi tanah air. Hingga sejumlah penyanyi melarang karyanya dibawakan oleh penyanyi lain tanpa izin.

David mengaku tak mau ambil pusing dengan para penyanyi yang mengomersialkan karyanya. ’’Nggak masalah kalau saya personal. Nyanyikan lah,’’ kata David di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Selasa (25/7).

Baca juga:Skutik Honda Genio Baru Makin Segar & Lebih Stylish

Sikap itu diambil bukan karena tidak peduli soal royalti. Namun, dia memercayai Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) untuk mengurus royaltinya. ’’Urusan nanti ada komersil, teknikal, dan segala macamnya udah ada bidangnya yang urus lah,’’ jelasnya.

Terlepas dari itu, David paham bahwa permasalahan tersebut menjadi salah satu risiko dari profesinya. ’’Kalau saya personal sih, ketika lagu itu udah dibikin atau apa pun yang sudah diberikan kepada publik, ya harus siap dinyanyikan siapa pun,’’ terang pelantun Air dan Api itu.

Kendati demikian, kata David, etika bermusik sebaiknya dijunjung tinggi oleh siapa pun. Jika berniat mengomersialkan lagu orang lain, etikanya memang meminta izin kepada pencipta lagu itu lebih dulu. ’’Ketika ada nilai komersial, lagu itu harus ada haknya kepada pengkaryanya. Harus ada pembagian yang udah ada hasilnya. Itu etika hormatin karya sih,’’ tutur David. (*)

Reporter: jpgroup

Update

Kol Ungu untuk Kesehatan Tulang

Nutrisi untuk Perkuat Daya Ingat Lansia

Rossa Akui Dekat dengan Afgan