Senin, 22 April 2024

Cover Lagu Bohemian Rhapsody dan Rosanna, Dewa 19 Sudah Bayar Royalty

Berita Terkait

f: Pentolan grup band, Dewa 19, Ahmad Dhani (kedua dari kanan), saat acara konferensi pers perilisan lagu Bohemian Rhapsody dan Rosanna di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat pada Selasa (27/6). (ANTARA/Farhan Arda Nugraha)

batampos – Membuat cover lagu ”Bohemian Rhapsody” milik Queen dan ”Rosanna” milik Toto, pentolan grup Dewa 19 Ahmad Dhani mengaku sudah membayar royalty.

Ahmad Dhani menjelaskan telah membayar royalti kepada lembaga perwakilan terkait sebesar Rp 40 juta untuk lagu “Bohemian Rhapsody” dan Rp 20 juta untuk lagu “Rosanna”.

“‘Bohemian Rhapsody’ itu bayar royalti di depan Rp 40 juta, ‘Rossana’ bayar royalti di depan Rp 20 juta, mereka punya perwakilannya di sini,” ujar Ahmad Dhani.

Ahmad Dhani mengungkapkan royalti lagu “Bohemian Rhapsody” adalah royalti lagu barat termahal di dunia.

Baca juga: Suhu 46 Derajat Celsius, Jemaah Haji Rawan Heat Stroke

Selain pembayaran royalti di awal dengan total mencapai Rp 60 juta, Dewa 19 juga wajib membayar royalti lagu Bohemian Rhapsody dan Rosanna dari penghasilan yang mereka dapat ketika kedua lagu tersebut dirilis pada platform digital seperti Spotify dan iTunes.

“Nanti kan ada di Spotify, iTunes, dan lain-lain kalau ada penghasilan dari situ kita bayar lagi,” kata Ahmad Dhani.

Membuat 2 cover lagu ini, Dewa 19 berkolaborasi dengan penyanyi rock asal Amerika Serikat, Jeff Scott Soto.

Vokalis Dewa 19, Ahmad Dhani, menjelaskan pemilihan kedua lagu tersebut lantaran Queen dan Toto merupakan band yang menginspirasi baik bagi Dewa 19 maupun Ahmad Dhani sendiri.

“Karena Dewa 19, saya pribadi, penggemar daripada Queen dan Toto itu adalah salah satu band panutan kita,” kata Ahmad Dhani dalam konferensi pers yang berlangsung di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat pada Selasa (27/6).

Baca juga: 5 Wanita Rilis Ulang Single “Damai” Milik Guruh Soekarno Putra

Selain di platform digital, kedua lagu cover yang dinyanyikan Ahmad Dhani bersama Jeff Scott Soto itu juga akan diluncurkan dalam bentuk rilis fisik seperti kaset

Saat ini video klip Bohemian Rhapsody dan Rosanna yang dibawakan Dewa 19 dan Jeff Scott Soto tersedia pada platform siaran musik digital videolegend.tv yang digagas oleh Ahmad Dhani.

Platform yang diklaim sebagai televisi musik digital pertama di dunia itu menghadirkan berbagai lagu yang mayoritas berasal dari tahun 1960-an hingga 1990-an serta sebagian kecil lagu yang dirilis pada 2000-an yang disiarkan 24 jam. (*)

Reporter: Antara

 

Update