Senin, 28 November 2022

Cegah Osteoporosis Lakukan Gaya Hidup Aktif

Berita Terkait

Ilustrasi gaya hidup aktif harus dilakukan untuk mencegah penyakit osteoporosis. (f. jawapos.com)

batampos – Mencegah osteoporosis bisa dilakukan. Salah satunya adalah melakukan gaya hidup aktif.

Menurut Ketua Tim Kerja Kesehatan Olahraga Kementerian Kesehatan dr. Ari Setyaningrum, Sp.KO di Jakarta, Kamis, osteoporosis adalah salah satu penyakit tidak menular yang tak hanya membebani ekonomi, tetapi juga menurunkan produktivitas kerja karena perawatan pasien osteoporosis pada umumnya membutuhkan waktu panjang.

“Kami harap masyarakat semakin peduli atas kesehatan tulang, mari bersama terapkan gaya hidup sehat,” kata Ari.

Dia menjelaskan ada sejumlah langkah yang bisa diterapkan demi menjaga kesehatan tulang, yakni meningkatkan aktivitas fisik lewat olahraga yang benar, terukur dan teratur. Olahraga dapat dilakukan minimal 30 menit per hari sebanyak tiga sampai lima kali setiap pekan.

“Olahraga meliputi aerobik, latihan kekuatan, kelenturan dan keseimbangan. Ini perlu dilakukan agar dapat mengoptimalkan kondisi fisik,” jelas Ari.

Baca juga: Biasakan Olahraga Ringan di Rumah, Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Selanjutnya adalah diet sehat yang kaya nutrisi demi kesehatan tulang. Ia meminta masyarakat untuk mengonsumsi makanan dengan zat yang menyehatkan tulang seperti kalsium, protein, vitamin dan mineral serta magnesium yang penting untuk kesehatan tulang.

Mendapatkan paparan matahari yang cukup demi mendapatkan vitamin D juga penting, serta menghindari konsumsi alkohol dan rokok.

Individu yang sudah punya faktor risiko diminta lebih waspada, seperti faktor usia, riwayat keturunan dan penggunaan obat-obatan jangka panjang tertentu. “Kita harus segera mendeteksi dini untuk pencegahan,” kata dia.

Baca juga: Tak Hanya Menyehatkan Tulang, Vitamin D Juga Bisa Mengurangi Risiko Flu

Ari juga berpesan kepada masyarakat untuk menjaga dan mempertahankan berat badan sebagai upaya pencegahan.

Hari Osteoporosis Dunia yang dirayakan pada 20 Oktober, kata Ari, harus jadi pengingat untuk mencegah dan mengendalikan osteoporosis bersama-sama.

Kementerian Kesehatan juga mengajak masyarakat untuk menerapkan gaya hidup aktif demi mencegah penyakit osteoporosis yang bisa diantisipasi sejak dini.

“Osteoporosis ini silent disease, jadi kita perlu lakukan upaya bersama mitra dan pemangku kepentingan terkait untuk mencegah dan mengendalikannya,” ujar dia. (*)

Reporter : Antara

Update