Selasa, 23 April 2024

Boleh Tidak Mencuci Mobil Pakai Sabun Cuci Piring?

Berita Terkait

Iilustrasi mencuci mobil sendiri jangan gunakan sabun cuci piring. [jawapos.com]
batampos – Boleh tidak mencuci mobil memakai sabun cuci piring? Melihat mobil tetap kinclong menjadi kepuasan tersendiri bagi sang pemilik. Namun untuk membuat mobil tetap dalam kondisi bersih, mencuci mobil adalah solusinya. Namun perlu diberhatikan juga, mencuci mobil janganlah menggunakan cairan pembersih sembarangan.

Tak sedikit mereka yang ingin irit pengeluaran mencuci mobil sendiri dirumah, namun ada yang kurang benar dilakukan ketika memberikan cairan sabun. Mereka biasanya menggunakan cairan sabun cuci piring untuk mencuci bodi secara keseluruhan.

Baca juga:Celine Dion Masih Berjuang Melawan Penyakit Langka

Pertanyaannya, apakah boleh dan apa akibat terlalu sering menggunakan sabun cuci piring untuk mencuci mobil? Jawabannya adalah sangat tidak sarankan mencuci mobil dengan menggunakan sabun cuci piring.

Dalam tips otomotif kali ini, bila hal itu sering dilakukan bisa menyebabkan rusak cat body mobil. Sebagai informasi zat yang terkandung di sabun cuci piring itu keras dan sangat bisa merusak cat bodi mobil.

Memang ketika pertama kali cuci mobil memakai sabun cuci piring hasilnya bisa terlihat bersih, namun jika sudah memakai wax, akan langsung luntur semua wax yang ada di body mobil. Bila hal ini dilakukan berulang kali, akan berisiko mengikis cat dan akhirnya berisiko munculnya karat pada body mobil.

Maka dari itu penggunakan sabun cuci piring sangat tidak disarankan karena memang tidak sesuai atau bukan peruntukannya. Penggunaan sabun cuci piring juga berisiko menyebabkan lapisan pernis kusam dan cat body mobil menjadi belang.

Selain itu Anda juga harus berhati-hati bila mencuci mobil di car wash. Pasalnya tak sedikit oknum car wash “murahan” yang juga menggunakan sabun colek untuk mencuci mobil.

Biasanya mereka memasukkan sabun colek dalam tabung bertekanan tinggi untuk menghasilkan busa seperti salju. Hal ini mereka lakukan agar irit.

Maksud hati ingin berhemat tapi resiko menggunakan sabun cuci piring bisa membuat cat mobil rusak. Maka sebaiknya tetap memakai shampo khusus untuk mencuci mobil. Hal penting yang perlu diperhatikan ketika memilih shampo mobil adalah kadar pH dan silikonnya.

Sebagai informasi shampoo yang bagus untuk mobil itu yang kadar pH nya di atas 7 dan memiliki kandungan silikon minimal 60 persen. Bila di bawah itu biasanya kualitasnya kurang bagus.

Kadar silikon yang kurang bisa kita lihat saat menyabuni body, sebelum disiram sabun shampo sudah mengering. Hal ini berbahaya saat ketika dibasuh karena bahannya keras dan berisiko merusak bodi.

Maka pilihlah shampo mobil dengan kadar PH yang tepat agar cat mobil Anda awet. Semoga tips ini bermanfaat. (*)

Reporter: jpgroup

Update