Minggu, 27 November 2022

BLACKPINK Puncaki Billboard 200

Berita Terkait

BLACKPINK. (Getty Images/AFP)

batampos – BLACKPINK puncaki Billboard 200 selama tiga pekan berturut-turut dengan lagunya BORN PINK. BORN PINK juga memuncaki chart penjualan album terbaik. Total penjualan fisik dan digital album tersebut mencapai 75.500 kopi.

Jumlah itu ’’disumbang’’ tak lain dari banyaknya varian album fisik yang disiapkan YG Entertainment. Untuk comeback kali ini, BLACKPINK merilis 17 versi album. Termasuk untuk rilisan eksklusif Target dan laman penjualan resmi agensi.

BLACKPINK memecahkan rekor dengan catatan tersebut. Mereka menjadi girlband K-pop pertama yang memuncaki Billboard 200.

Grup yang beranggota Jennie, Jisoo, Rose, dan Lisa itu juga menjadi grup perempuan pertama yang sukses memuncaki Billboard 200 dalam satu dekade terakhir. Capaian itu terakhir ditorehkan Welcome to the Doll’s House, album kedua Danity Kane yang rilis pada 2008.

Keberhasilan itu bukan yang pertama bagi BLACKPINK. Oktober 2020, kuartet vokal tersebut menembus 10 besar Billboard 200 lewat The Album. BORN PINK pun menjadi album ketiga K-pop yang sukses memuncaki chart itu. Sebelumnya, ada album Proof milik BTS dan Stray Kids Mini Album: Oddinary.

Baca juga: Lisa BLACKPINK Menangkan Best K-pop, BTS Sabet Group of The Year

Selain BLACKPINK, NCT 127 juga mencatat rekor. Album 2 Baddies –yang rilis bersamaan dengan BORN PINK– sukses debut di peringkat ketiga Billboard 200. Album tersebut menjadi karya ketiga grup asuhan SM Entertainment itu yang mampu menembus lima besar Billboard 200. Pada 2020, mereka berhasil debut di lima besar lewat Neo Zone. Disusul debut Sticker di posisi ketiga pada 2021.

Dalam catatan Billboard, angka penjualan 2 Baddies setara dengan 55.500 kopi album dengan lebih dari 90 persennya merupakan penjualan album fisik. Dengan catatan tersebut, NCT 127 menjadi satu di antara dua boyband K-pop yang tiga albumnya berhasil masuk lima besar Billboard 200. Grup lain yang mampu mencatat prestasi di chart album terpopuler Amerika Serikat itu adalah BTS.

’’Menyisip’’ di antara dua entri baru dari Korea, ada Un Verano Sin Ti milik Bad Bunny. Album reggaeton itu terpaksa turun setelah 11 pekan berturut-turut memuncaki Billboard 200. Hingga nyaris empat bulan, penjualan album tersebut mencapai setara dengan 93 ribu unit. (*)

Reporter : JPGroup

Update