Kamis, 8 Desember 2022

Bintang Game of Thrones, Emilia Clarke Pulih dari Aneurisme Otak

Berita Terkait

Emilia Clarke (HBO)

batampos – Bintang Game of Thrones, Emilia Clarke pulih dari aneurisme otak. Dia bersyukur atas kehidupan yang dimilikinya saat ini. Emilia Clarke selamat dari dua aneurisme otak yang dialaminya pada 2011 dan kemudian pada 2013. Aneurisme otak adalah tonjolan berbentuk balon yang terbentuk di pembuluh darah otak. Kondisi itu dialaminya ketika syuting serial HBO, Game of Thrones (GoT).

“Itu adalah rasa sakit yang paling menyiksa,” kata Clarke dalam wawancara dengan BBC Sunday Morning ketika mempromosikan pertunjukan The Seagull. Dia mengaku bahwa berperan sebagai Daenerys Targaryen dalam GoT memberinya sebuah tujuan. Clarke menyatakan bersyukur karena bisa menjalani hidupnya setelah sejumlah kerusakan di otaknya. Terlebih, hanya sedikit orang yang mampu bertahan akibat kondisi tersebut.

Baca juga:JLo Ganti Nama Jadi Jennifer Affleck

“Sebagian otakku yang tidak lagi dapat digunakan –luar biasa bahwa aku dapat berbicara, kadang-kadang mengartikulasikan, dan menjalani hidupku sepenuhnya normal tanpa dampak sama sekali,” katanya.

Namun, dia mengakui masih ada beberapa hal yang hilang dari otaknya. “Karena stroke, pada dasarnya, segera setelah bagian mana pun dari otak Anda tidak mendapatkan darah selama sedetik, itu akan hilang,” katanya.

Clarke kali pertama buka suara soal aneurisme otak yang dialaminya pada 2019 dalam sebuah cerita yang ditulisnya di The New Yorker. Dia memerinci operasi yang menyakitkan dan proses rehabilitasi yang dia jalani. Namun, dia meyakinkan penggemarnya bahwa dirinya telah pulih dan bisa beraktivitas dengan baik.

Akibat aneurisme itu, Clarke mengalami afasia, yakni gangguan berbahasa yang membuat penderitanya kesulitan berkomunikasi. Saat itu, Clarke tidak dapat mengingat namanya. Dia kemudian merilis SameYou pada 2019. Yakni, lembaga donasi yang menggalang dana untuk meningkatkan akses ke rehabilitasi saraf setelah cedera otak dan stroke. (*)

Reporter: jp group

Update