Selasa, 9 Agustus 2022

Berlian Hitam Super Langka Seberat 555,55 Karat Bakal Dilelang Secara Online

Berita Terkait

Glossy dan Tahan Lama

Tawaran Gaji Rp 1,1 M untuk Pencicip Permen

The Enigma, berlian hitam dengan berat 555,55 karat dipamerkan oleh Sotheby’s di Dubai (AFP)

batampos – Berlian hitam seberat 555,55 karat yang diberi nama The Enigma akan dilelang oleh Sotheby’s pada 3 sampai 9 Februari mendatang secara daring.

Berlian ini tergolong sangat langka. Ia masuk daftar Guinness World Records sebagai salah satu berlian terbesar dan terberat yang pernah ada.

Tidak ada syarat khusus untuk mengikuti lelang itu. Artinya, siapa pun penawar tertinggi bakal menjadi pemilik berlian tersebut.

yang menarik adalah pernyataan pihak Sotheby’s bahwa pembayaran dengan uang kripto bakal diterima.

Baca juga : Nilai Kalung Berlian Koleksi Kate Middleton Setara dengan 22 Kastil Skotlandia

Mata uang kripto yang diterima ialah bitcoin (BTC), ethereum (ETH) dan USD Coin. Ini bukan kali pertama Sotheby’s menerima pembayaran uang kripto. Sebelumnya mereka berhasil menjual berlian langka 101,38 karat di Hongkong seharga USD 12,3 juta (Rp 176,26 miliar).

The Enigma pada Selasa (18/1) ditampilkan di Dubai Diamond Exchange. Selanjutnya ia akan dipamerkan di Los Angeles, AS, pada 24‒26 Januari dan dibawa ke London, Inggris, pada 2‒9 Februari untuk proses lelang.

Sotheby’s mengungkapkan bahwa berlian hitam atau carbonados itu terbentuk dari dampak meteorit. Ia juga bisa muncul dari asteroid yang mengandung berlian dan bertabrakan dengan bumi.

Yang membuat The Enigma istimewa bukan hanya karena ia memiliki berat 555,55 karat, melainkan juga karena wujudnya yang memiliki tepat 55 segi. Tidak diketahui kapan dan di mana berlian itu ditemukan, lalu dipotong.

House of Gubelin di Swiss dan Gemological Institute di Amerika memastikan bahwa itu adalah salah satu berlian terbesar di dunia. Spesialis perhiasan dan kepala penjualan di Sotheby’s London Nikita Binani menyatakan, The Enigma adalah keajaiban dari segi kelangkaan dan ukuran.

Baca juga : 4 Tren Berlian Kekinian yang Bakal Populer pada 2022

Selama dua dekade, berlian tersebut menjadi milik seseorang yang tidak mau disebutkan namanya. Ini adalah kali pertama berlian tersebut dipamerkan dan ditawarkan secara terbuka.

’’Penjualannya ini adalah kesempatan sekali seumur hidup untuk mendapatkan salah satu keajaiban kosmis paling langka berusia miliaran tahun yang diketahui umat manusia,’’ terang Binani seperti dikutip Agence France-Presse. (*)

Reporter : Jpgroup

 

Update