Rabu, 17 Agustus 2022

Berapa Kali Sebaiknya Bersihkan Karang Gigi?

Berita Terkait

Prebiotik Bisa Halau Jerawat

Ternyata Nikotin Bisa Bantu Kurangi Rasa Depresi


batampos- Sejak bayi, orangtua sudah mengajari anak-anaknya menyikat gigi. Selain itu, menurut pakar ada baiknya memeriksa gigi secara berkala ke dokter gigi. Tujuannya agar gigi bersih, karena gigi dan mulut menjadi sarang kuman.

Gigi dan mulut adalah anggota tubuh yang sering dimanfaatkan oleh bakteri jahat untuk menyebabkan berbagai masalah. Mulai dari bau mulut hingga gangguan kesehatan termasuk risiko penyakit jantung.

Sayangnya, sebagian masyarakat merasa malas atau takut saat harus ke dokter gigi. Apalagi sebagian merasa takut saat giginya dibersihkan dari karang gigi atau scaling.

“Saat ini masih banyak sekali masyarakat yang belum peduli terhadap kesehatan giginya, padahal pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini,” ujar kata Muhammad Mursyidi dari FDC Dental Clinic Surabaya kepada wartawan baru-baru ini.

BACA JUGA: 3 Tips Cegah Karang Gigi dan Penyakit Gusi

Faktor Penyebab Karang Gigi
Menurutnya, faktor penyebab karang gigi adalah berkembangnya plak yang berasal dari makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat. Sebagai contoh, gula dan pati, susu, kismis, kue, permen, serta minuman ringan lainnya. Bakteri tersebut akan hidup di mulut dan berkembang biak hingga menghasilkan asam.

Kemudian, asam ini pula yang dapat merusak enamel gigi pemicu kerusakan gigi. Perkembangbiakan plak pada akar gigi di bawah gusi juga menyebabkan kerusakan tulang penyangga gigi.

Berapa kali sebaiknya membersihkan karang gigi?
Scaling gigi sangat penting dilakukan oleh setiap orang untuk mencegah penyakit gigi yang bisa berbahaya bagi kesehatan gigi dan mulut. Normalnya, scaling gigi bisa dilakukan setiap 6 bulan sekali.

Namun, scaling gigi juga bisa dilakukan lebih sering dari itu jika Anda memiliki penyakit gusi atau berisiko tinggi mengalami penyakit gusi. Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) Amerika Serikat memjelaskan membersihkan gigi secara profesional di klinik gigi adalah cara penting untuk menjaga kesehatan mulut Anda. Biasanya dilakukan oleh ahli kesehatan gigi, sesi pembersihan gigi membantu menghilangkan plak dari gigi untuk mencegah penyakit gusi dan gigi berlubang.

CDC merekomendasikan agar Anda mengunjungi dokter gigi setidaknya setahun sekali untuk pemeriksaan gigi dan pembersihan profesional dengan ahli kesehatan gigi. American Dental Association (ADA) juga merekomendasikan agar Anda membersihkan gigi secara profesional. sekali atau 2 kali setahun. (*)

reporter: jpgrup

Update