Selasa, 9 Agustus 2022

Begini Cara Rambut Terlihat Segar Tanpa Harus Keramas Setiap Hari

Berita Terkait

ILUSTRASI Pemakaian shampoo kering untuk mendapatkan kesegaran rambut tanpa keramas. (Foto: CNA/ iStock)

batampos – Mempertahankan kesegaran mahkota Anda setiap hari sangat penting. Selain untuk penampilan, rambut yang segar dan fresh juga mengurangi ”sakit kepala”.

Sebagian orang mungkin harus keramas setiap hari untuk mendapatkan rambut segar, namun sebagian lagi merasa malas untuk melakukannya setiap hari dan hanya keramas 1-2 kali dalam seminggu.

Dikutip dari Channel News Asia, Jumat, para ahli rambut di Singapura mengatakan Anda harus berpikir dua kali untuk melakukannya jika tinggal di tempat yang beriklim panas dan lembab.

“Banyak dari artikel ini ditulis oleh penulis yang tinggal di negara non-tropis. Jadi, ini tidak sepenuhnya berlaku untuk orang yang tinggal di iklim panas dan lembab seperti kita (negara tropis), di mana kita berkeringat setiap hari dan produksi sebum kita lebih aktif,” kata Charles Chong, associate director Chez Vous Hair Salon.

Lagi pula, sebagaimana kita mencuci wajah dan tubuh kita dengan sabun setiap hari untuk menghilangkan keringat, minyak dan kotoran, hal yang sama juga harus dilakukan pada kulit kepala dan rambut. Tujuannya untuk mencegah komplikasi seperti kulit kepala gatal atau serpihan yang tidak sedap dipandang.

“Kotoran dan sebum menumpuk sepanjang hari dan keringat dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri dan peradangan pada kulit kepala,” kata Selina Ong, salah satu pendiri Coulisse Heir.

Inilah sebabnya mengapa ahli rambut sangat menganjurkan orang-orang yang cenderung memiliki kulit kepala berminyak atau cenderung berkeringat untuk mencuci rambut setiap hari menggunakan sampo yang cocok untuk jenis rambut mereka.

Sedangkan mereka yang memiliki rambut rusak parah, diputihkan atau diwarnai dalam warna trendi seperti abu-abu, warna pastel atau merah muda atau kulit kepala yang sensitif, kering dan dehidrasi mungkin merasa bermanfaat untuk keramas rambut mereka lebih jarang untuk menghindari kerusakan lebih lanjut pada rambut mereka.

Dalam kasus seperti itu atau jika Anda hanya merasa malas sesekali untuk keramas, terapkan trik ini untuk rambut terlihat segar.

ILUSTRASI Perawatan rambut supaya terlihat segar. (Foto: CNA/ iStock)

1. Oleskan Serum Rambut atau Hair Tonik Segera Setelah Mencuci Rambut

Segera setelah mengeringkan rambut Anda yang baru dicuci dengan handuk, oleskan serum atau tonik kulit kepala yang dapat membantu mengendalikan rasa berminyak atau bau pada kulit kepala.

“Meskipun ini tidak menggantikan pembersihan yang tepat dengan keramas, ini dapat membantu menjaga agar rambut tetap segar dengan mencegah penyerapan bau dari lingkungan sekitar,” kata Tien Goh, manajer pendidikan Shiseido Professional.

2. Jangan Gunakan Bedak atau Tepung di Rambut Anda

Untuk mengurangi minyak berlebih pada rambut, ada yang menyarankan untuk memakai tepung atau menaburkan bedak talc pada rambut. Jangan lakukan itu karena ini tidak diformulasikan untuk digunakan pada rambut dan kulit Anda.

Jika Anda kurang beruntung, kulit Anda mungkin bereaksi buruk, membuat Anda merasa tidak nyaman dan gatal sampai akhirnya Anda membasuh semuanya. Atau, jika Anda tidak berhati-hati dalam menyikat semua bedak atau tepung, Anda mungkin akan berakhir dengan bintik-bintik putih yang tidak sedap dipandang.

Baca juga : Cegah Kerontokan Rambut Sejak Dini

3. Gunakan Shampoo Kering

Jika tak sempat keramas dan Anda harus ke pertemuan penting, gunakan shampoo kering untuk rambut segar secara instan. Cukup semprotkan pada rambut, lalu biarkan selama beberapa menit sebelum menyisir rambut Anda.

4. Ubah Gaya Rambut Anda

Untuk penampilan, alih-alih menyembunyikan rambut lepek Anda di bawah topi, ubah gaya rambut Anda dengan membuat quiff.

Issac Ng, direktur senior salon You Are My Sunshine, menyarankan quiff ini. Caranya kumpulkan semua rambut Anda seperti yang Anda lakukan dengan kuncir kuda tinggi dan putar kunci Anda berulang kali sampai Anda membentuk tonjolan kecil di bagian atas mahkota Anda. Amankan rambut dengan pin dan atur dengan hairspray.

Atau untuk gaya yang lebih feminin, balikkan rambut Anda ke bawah dan sisir berulang kali untuk menghaluskan semua kusut. Ini juga akan membawa beberapa volume untuk kesegaran mahkota Anda. (*)

Sumber: CNA
Reporter : umy

Update