Kamis, 18 Agustus 2022

Bedak Tabur, Ringan di Kulit, Bikin Make up Tahan Lama

Berita Terkait

 


Ilustrasi – Memakai bedak tabur atau loose powder (dok. jawapos.com)

batampos – Bedak tabur atau loose powder bisa diaplikasikan untuk semu jenis kulit. Teksturnya yang ringan dengan partikel halus memberi hasil sheer atau ringan di kulit. Bedak ini biasanya hadir dalam pilihan warna kulit atau transparan, yang disebut juga dengan translucent powder.

Secara umum bedak tabur dapat menghasilkan tampilan wajah natural, karena saat diaplikasikan ke wajah akan terlihat tipis dan samar-samar. Selain itu, ini karena sifat dari bedak tabur ini umumnya translucent atau transparan sehingga hasil makeup juga akan terlihat natural, light, dan tidak berlebihan meskipun Anda memulaskan nya ke wajah berkali-kali.

Bedak tabur cocok untuk pemilik kulit berminyak karena formulanya baik untuk mengontrol minyak di wajah serta mengunci tampilan makeup agar lebih tahan lama. Cara penggunaannya, seperti dikutip dari siaran pers barenbliss Indonesia melalui Antara, Rabu, yakni dengan mengaplikasinnya tipis-tipis di seluruh wajah terutama sedikit lebih banyak di area T-zone.

Sebelum mengaplikasikan loose powder, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan, di antaranya:
1. Bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum menggunakan loose powder. Langkah awal ini penting agar loose powder bisa menempel dengan sempurna dan wajah pun bebas minyak.
2. Gunakan pelembap wajah setelah Anda membersihkan wajah. Diamkan selama 5 menit terlebih dahulu, agar pelembap bisa meresap ke dalam kulit.

3. Aplikasikan loose powder setelah foundation untuk membuat foundation tahan seharian. Formula pada loose powder mampu membuat foundation lebih tahan lama dan tidak luntur. Gunakan puff atau brush agar bisa mengontrol ketebalannya.

4. Fokus mengaplikasikan loose powder ke bagian tengah wajah atau T-zone yakni area dengan produksi minyak paling banyak. Area ini mencakup dahi, hidung dan dagu. Cukup ambil sedikit bedak dan mengaplikasikannya dengan usapan ringan atau dengan menepuk.

5. Jangan gunakan loose powder terlalu tebal karena malah membuat make up terlihat berlebihan dan menjadi cakey sehingga tampilan make up tidak flawless seharian. Untuk itu, gunakan seperlunya saja dan fokus pada bagian wajah yang berminyak agar make up lebih tahan lama.

Sebaiknya pilih loose powder yang sesuai dengan jenis kulit Anda menjadi salah satu tips memakai makeup agar tahan lama. Gunakanlah jenis bedak dengan tekstur bubuk yang dapat mengontrol produksi minyak sehingga makeup menjadi tahan lama.

Fungsi lain loose powder:

Mengoreksi make up
Pernah terlalu banyak mengaplikasikan blush, bronzer, dan highlighter? Hindari menghapusnya dengan tisu karena dapat membuat riasan lainnya hilang dan berantakan. Sebaiknya coba sapu area tersebut dengan loose powder untuk memperbaiki riasan yang salah.

Membuat eyeline tahan lama
Loose powder juga bisa membuat eyeliner lebih tahan lama. Sebelum menggambar eyeliner pada mata, bubuhkan bedak tabur terlebih dahulu untuk menghindari smudging dan creasing. Trik ini berguna untuk penggunaan eyeliner pensil, cair, hingga gel.

Membuat eye primer
Fungsi lainnya bedak ini yakni dalam membuat eye primer. Kelopak mata berminyak dapat menyebabkan eyeshadow mudah pudar. Hindari hal tersebut dengan membubuhkan bedak tabur setelah penggunaan concealer pada kelopak mata.

Menahan eye shawdow supaya tidak “jatuh”
Loose powder pun memiliki keunggulan untuk menahan eyeshadow agar tidak terjatuh sehingga tidak merusak make up. Gunakan loose powder di bawah mata sehingga jika eyeshadow fall out tidak langsung mengenai riasan Anda. Setelah itu segera gunakan brush loose powder sehingga make up menjadi lebih sempurna.

Memudarkan pigmen warna pada brush make up
Sering menggunakan blush, bronzer hingga highlight dengan kuas yang sama? Aduk kuas pada bedak tabur untuk memudarkan pigmen warna pada kuas tersebut. Metode ini juga dapat kamu aplikasikan pada kuas untuk mata. (*)

Reporter : Antara

Update