Kamis, 18 April 2024

Atasi Perut Kembung Bisa dengan Tujuh Rempah

Berita Terkait

Rempah-rempah seperti jahe, kunyit, biji adas, jintan, ketumbar, Peppermint, kunyit dan ketumbar bisa mengatasi perut kemung (corteva.id)

batampos – Salah satu cara mengatasi perut kembung bisa dengan menggunakan rempah lantaran dikemas dengan sifat anti-inflamasi dan antibakteri, bahan tersebut berpotensi melawan kembung dan meningkatkan fungsi sistem pencernaan.

Kenyang, sesak, atau bengkak pada perut setelah makan disebut kembung.

Gangguan pencernaan yang sering terjadi seperti kembung mengganggu kehidupan sehari-hari dan menyebabkan banyak ketidaknyamanan.

Hal ini sering kali disebabkan oleh produksi gas berlebih, terlalu banyak makan atau masalah pencernaan yang mendasarinya.

Meski bersifat sementara, rasa sakit atau tidak nyaman tentu tidak mudah untuk ditanggung.

Baca Juga:Gideon Tengker Laporkan Rieta Amilia dan Nagita Slavina, Awalnya Terkait Harta Gono Gini Rp 300 Miliar

Menurut ahli gizi sekaligus diet Deepthi Lokeshappa, beberapa rempah dapat membantu memperbaiki usus dan melepaskan gas yang terperangkap, seperti dikutip JawaPos.com dari Healthshots, Minggu (10/12).

Rempah-rempah membantu mengurangi peradangan, menenangkan saluran pencernaan, dan meredakan ketidaknyamanan.

Selain itu, mereka merangsang enzim pencernaan yang memfasilitasi pemecahan makanan lebih lancar.

Lantas, rempah apa saja yang bisa mengatasi perut kembung? Simak uraiannya di bawah ini.

1. Jahe
Jahe mengandung gingerol, senyawa bioaktif yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan, yang dapat membantu pencernaan lebih baik dan mengurangi kembung.

Selain itu, dapat membantu meringankan mual dan meningkatkan kenyamanan pencernaan secara keseluruhan. Jahe bisa dimakan dengan berbagai cara termasuk dalam bentuk bubuk dan teh.

2. Peppermint
Peppermint terkenal dengan khasiatnya yang menenangkan. Mentol dalam peppermint memiliki efek relaksasi pada otot-otot saluran cerna sehingga dapat membantu meringankan gejala kembung.

Mengkonsumsi teh peppermint atau menambahkan daun peppermint segar ke dalam makanan Anda bisa menjadi cara yang bagus untuk mengkonsumsinya.

3. Biji adas
Secara tradisional, biji adas telah digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan seperti kembung.

Biji adas mengandung senyawa seperti anethole yang dapat mengendurkan otot saluran pencernaan dan mengurangi peradangan.

Mengunyah biji adas atau memasukkan adas ke dalam makanan dapat membuat perut lebih nyaman.

4. Jintan
Jintan bukan hanya bumbu yang beraroma, tetapi juga menawarkan manfaat pencernaan.

Mengandung senyawa yang merangsang produksi enzim pencernaan, membantu pemecahan makanan, dan mencegah penumpukan gas di saluran pencernaan.

Memasukkan jintan ke dalam masakan dapat meningkatkan cita rasa masakan sekaligus meningkatkan pencernaan dan mengurangi kembung.

5. Kunyit
Kunyit dengan senyawa aktifnya, kurkumin, memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang kuat.

Peradangan pada saluran pencernaan dapat menyebabkan kembung, dan kunyit dapat membantu mengatasi masalah ini.

Memasukkan kunyit ke dalam makanan tidak hanya menambah rasa hangat tetapi juga mengurangi kembung dan ketidaknyamanan.

6. Ketumbar
Biji dan daun ketumbar segar menawarkan manfaat pencernaan. Biji ketumbar mengandung senyawa yang dapat meredakan ketidaknyamanan pencernaan, termasuk kembung.
Daun, sebaliknya secara tradisional digunakan untuk melancarkan pencernaan karena kaya akan serat yang membantu mempercepat proses pencernaan dan menghilangkan kembung.

7. Kayu manis
Kayu manis juga memiliki manfaat pencernaan. Ia memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu meringankan kembung dengan mengurangi pembentukan gas di saluran pencernaan.

Bisa taburkan kayu manis pada oatmeal pagi, tambahkan ke smoothie, atau masukkan ke dalam hidangan. (*)

reporter: jp group

Update