Minggu, 27 November 2022

Asupan Ideal Gula Harian Maksimal 4 Sendok Makan

Berita Terkait

Ilustrasi gula (Pixabay)

batampos – Asupan ideal gula setiap hari maksimal 4 sendok makan. Hal ini secara resmi disebutkan dalam laman Kementerian Kesehatan. Di laman tersebut tertulis konsumsi gula untuk setiap individu yang ideal per hari adalah empat sendok makan, yakni 50 gram atau 10 persen dari total energi.

Ketelitian konsumen untuk melihat kandungan gizi dalam label makanan diperlukan. Apalagi sekarang ini marak jenama food and beverage menawarkan aneka makanan dan minuman. Sebagai pengganti gula bisa dipakai rempah-rempah seperti jahe, kayu manis dan pala agar makanan tetap terasa lezat.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kementerian Kesehatan dr. Elvieda Sariwati, pada pertengahan Agustus (27/8) dalam diskusi publik daring, menjelaskan konsumsi gula, garam dan lemak yang berlebihan dapat mengakibatkan penyakit stroke dan kardiovaskuler.

baca juga: Teh Kayu Manis Mampu Kendalikan Gula Darah

Sementara itu, Organisasi masyarakat sipil Center for Indonesia’s Strategic Development Initiative (CISDI) menyebut pada Agustus 2022 bahwa peningkatan konsumsi minuman berpemanis dalam kemasan (MBDK) meningkat hingga 15 kali lipat selama dua dekade.

Peningkatan tersebut juga disertai dengan tren yang meningkat pada kasus obesitas dan kelebihan berat badan. Selain itu, penyakit tidak menular (PTM) menjadi tujuh penyebab kematian tertinggi pada 2019, dengan diabetes menempati peringkat ke-3.

Pada dekade lalu, diabetes ada di peringkat keenam. Peningkatan ini disebut CISDI signifikan karena diabetes adalah salah satu penyakit yang erat kaitannya dengan konsumsi tinggi minuman berpemanis dalam kemasan.

Dengan teliti melihat kandungan gizi dalam makanan atau minuman, diharapkan kasus minuman salah satu jenama lokal dengan warganet baru-baru ini dapat diminimalisir. (*)

Reporter : Antara

 

Update