Senin, 4 Maret 2024

Aminah Cendrakasih Jadi Google Doodle Hari Ini

Berita Terkait

f: Ss mesin pencarian google hari ini. Google doodle aktris senior Aminah Cendrakasih mewarnai mesin pencarian ini.

batampos – Aktris senior Aminah Cendrakasih jadi google doodle hari ini.

Mesin pencarian google hari ini memang ada wajah sesosok wanita berkerudung putih yang keluar dari kotak televisi.

Google memperingati hari ulang tahun Aminah Cendrakasih yang lahir tepat pada 29 Januari yang jatuh pada hari ini.

Sebagai wujud penghagaan atas dedikasinya, Google menjadikannya sebagai Google Doodle.

Sosok Aminah Cendrakasih tidak bisa dilepaskan dari dunia film. Dia memiliki karir yang sangat panjang di dunia perfilman dan sudah terlibat dalam ratusan judul film hingga sinetron sepanjang karirnya dengan peran ikonik.

Baca juga: Ada 7 Perbedaan Shio Tiongkok dengan Zodiak Barat, Apa Saja?

Salah satu karakter yang dikenang dari sosok Aminah Cendrakasih ketika dia memerankan karakter Mak Nyak dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Sinetron garapan Rano Karno tersebut cukup panjang berhasil membukukan 6 musim dari tahun 1994 hingga 2003.

Berikut profil Aminah Cendrakasih

Aminah Cendrakasih lahir di Magelang pada 29 Januari 1938. Memiliki nama lahir Siti Aminah Tjendrakasih yang kemudian disesuaikan dengan EYD jadi Aminah Cendrakasih, dia lahir dari pasangan pelawak Husin Nagib dan artis Wolly Sutinah.

Dia pun mulai mengenal dunia panggung lewat pementasan sandiwara sejak tahun 1955 dari orang tuanya.

Karirnya di dunia perfilman dimulai lewat film Oh, Ibuku. Bersama sang ibunda Wolly Sutinah, Aminah Cendrakasih juga terlibat dalam film Gambang Semarang.

Dia baru mendapat peran utama dari film ketiganya berjudul Ibu dan Putri pada tahun 1955. Setelah itu, karirnya di dunia perfilman menjadi tak terbendung.

Dia pun terus dipercaya memerankan berbagai karakter dalam banyak judul film. Diantaranya film berjudul Tjambuk Api, Habis Gelap Terbitlah Terang, Bertjinta dalam Gelap, Takdir, Butet, Patah Tumbuh Hilang Berganti, Benyamin Raja Lenong, Oma Irama Penasaran dan Si Doel Anak Modern.

Baca juga: Simpel dan Padat Gizi, Resep Egg Chiffon Rice untuk Menu Sarapan

Selain itu, Aminah Cendrakasih juga ikut memperkuat film Gitar Tua Oma Irama, Ali Topan Anak Jalanan, Cowok Masa Kini, Bunga-Bunga Perkawinan, Tahu Diri Dong, Pokoknya Beres, Atas Boleh Bawah Boleh,Si Doel the Movie dan lain-lain.

Aminah Cendrakasih juga telah bermain di banyak judul sinetron, series, dan FTV. Beberapa diantaranya berjudul Rumah Masa Depan, Si Doel Anak Sekolahan, Pintu Taubat, Diatas Sajadah Cinta, Gitu Aja Kok Repot!, Si Doel Anak Pinggiran, hingga Si Doel the Series.

Aminah Cendrakasih mendapat sejumlah penghargaan berkat pengabdiannya yang luar biasa di dunia film. Pada 1992 silam, Aminah mendapat penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan dari Dewan Film Nasional. Dia juga mendapat penghargaan Satyalancana Kebudayaan dari Presiden Republik Indonesia pada 2016.

Baca juga: Yoona SNSD Gelar Fan Meeting Tour di Jakarta, Cek Harga Tiketnya

Tak hanya itu, dia juga mendapat penghargaan Lifetime Achievement Award Festival Film Bandung 2012 dan Indonesian Movie Actors Awards 2013. Aminah Cendrakasih juga memperoleh penghargaan Piala Maya 2018 berkat film Si Doel the Movie.

Pada 21 Desember 2022, Aminah meninggal dunia setelah menderita penyamit diabetes dan penyakit glaukoma cukup lama. Jenazahnya pun dimakamkan di TPU Karet Bivak Jakarta. (*)

Sumber Jpgroup

 

Update