Kamis, 18 April 2024

Ada 7 Perbedaan Shio Tiongkok dengan Zodiak Barat, Apa Saja?

Berita Terkait

Tips Mengatasi Anak yang Mengalami Tantrum

Peradangan Gusi Bisa Diobati di Rumah

Ilustrasi Kalender 12 Shio Hewan Cina (China Highlights)

batampos – Zodiak dan Shio sekilas terlihat sama dan yang membedakannya hanya asal negaranya saja. Persamaan utama dari mereka adalah didasarkan pada tanggal lahir, dengan 12 simbol atau tanda (sign) yang digunakan untuk membedakannya.

Dilansir dari Space.com, dan Universal Life Church, berikut beberapa perbedaan Zodiak dan Shio.

  1. Jumlah 12 simbol

Shio Cina: Tikus, Kerbau, Macan, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing, dan Babi.

Zodiak Barat: Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Capricorn, Sagitarius, Aquarius, dan Pisces.

2. Asal muasal

Dalam Shio Cina, 12 Shio hewan tersebut berasal dari mitos yang berbunyi ketika Tuhan sedang menciptakan kalender, semua hewan yang ada di hutan diundang untuk berpartisipasi dalam sebuah lomba. 12 hewan pertama yang melewati garis finish akan masuk menjadi simbol Shio.

Sedangkan dengan astrologi Barat, 12 Zodiak didasarkan pada posisi rasi bintang relatif terhadap bumi. Susunan konstelasi ini dinamai berdasarkan mitologi Dewa Yunani.

3. Bulan Zodiak dan Shio

Hewan-hewan yang berada dalam Shio Cina diatur berdasarkan kalender matahari tradisional Cina. Setiap Shio sesuai dengan 2 dari 24 istilah matahari, untuk periode yang mirip dengan bulan zodiak Barat. Yang membuat adanya perbedaan setengah bulan bagi astrologi Barat dan Shio Cina.

4. Lebih dari sekedar bulan dan tahun kelahiran
Perbedaan lainnya adalah zodiak barat berdasarkan bulan sedangkan Shio berdasarkan tahun. Dalam kepercayaan Tiongkok, orang yang lahir di tahun yang sama, akan memiliki karakteristik yang sama. Begitu pula dengan kepercayaan barat yang menganggap orang yang lahir di periode bulan yang sama akan memiliki karakteristik yang sama.

Namun ada faktor lain yang mempengaruhinya, seperti zodiak Barat yang juga menyimbolkan motivasi dasar dalam psikologi manusia. Dan Shio Cina yang memiliki tiga pilar lain selain tahun yang membentuk takdir seseorang yang membentuk menjadi 4 pilar utama, yaitu tahun, bulan, tanggal, dan jam kelahiran.

Ketika membandingkan 4 pilar dengan astrologi Barat, perbedaan utamanya adalah bahwa astrologi Barat berfokus pada garis-garis luar angkasa (konstelasi planet, bintang, bulan, dan lain-lain), sementara 4 pilar didasarkan pada blok waktu dalam penanggalan Tiongkok.

5. Kalender Bulan dan Matahari
Dalam sistem astrologi Tiongkok yang populer digunakan (kalender Lunar), setiap bulan dimulai dengan bulan baru yang berlangsung sekitar 29-30 hari. Tanggal Tahun Baru Imlek dan panjang tahun lunar berubah hingga satu bulan terhadap kalender matahari.

Namun astrologi Tiongkok yang konvensional lebih banyak menggunakan penanggalan matahari tradisional ketika membuat prediksi dan meramalkan horoskop. Dengan metode ini, tahun baru dimulai pada tanggal 4 Februari (dalam satu hari).

Sementara kalender astrologi Barat berdasarkan pada orbit Bumi terhadap matahari (menghasilkan garis angkasa) yang memberikan setiap zodiak bulan pengaturan tanggal (dalam satu hari), sepanjang 29-30 hari. Inilah mengapa zodiak Barat juga disebut zodiak matahari.

6. Fase Bulan di Tiongkok dan Barat
Astrologi Tiongkok menempatkan emphasis dalam fase bulan pada waktu kelahiran Anda. Ada 4 fase bulan: bulan baru, bulan pasang, bulan purnama (penuh), dan bulan surut. Tipe bulan baru adalah mereka yang menyukai lingkungan yang inovatif, tipe bulan pasang adalah para pekerja keras, tipe bulan penuh bersifat diplomatis, dan tipe bulan surut menyukai lingkungan yang tenang.

Jika dengan zodiak barat, mereka menggunakan 2 periode bulan, yaitu utara atau bulan naik, dan selatan atau bulan turun. Meskipun masih berperan dalam area sensitif, astrologi Barat melihat planet-planet sebagai faktor penting.

7. Melibatkan 5 elemen
Sistem astrologi Tiongkok mempunyai 5 elemen, yaitu api, bumi, logam, air, dan kayu. Setiap elemen berhubungan dengan kekuatan yang memotivasi dalam hidup seseorang. Karena Shio berada dalam siklus 12 tahun, keseluruhan siklus elemen dan Shio Tiongkok berlangsung selama 60 tahun. Dalam sistem ini, setiap Shio memiliki variasi elemen api, bumi, logam, air, dan kayu tergantung tahun lahir.

– Elemen api melambangkan gairah atau kegembiraan

– Elemen bumi melambangkan suka pada pondasi yang aman

– Elemen logam melambangkan keinginan untuk membuat keteraturan atau ketertiban

– Elemen air melambangkan kecenderungan yang selalu membentuk ikatan emosional

– Elemen kayu melambangkan minat untuk berpetualang dan menjelajah

Berbeda dengan sistem Barat, mereka memiliki 4 elemen, yaitu api, tanah, udara, dan air. Setiap elemen dihubungkan dengan 4 fitur psikologi. Setiap zodiak memiliki satu elemen yang terkait.

– Air melambangkan emosi

– Tanah melambangkan kesesuaian dengan hal-hal praktikal

– Api melambangkan sifat yang impulsif

– Udara melambangkan intelektual

Sumber: JP Group

Update