Rabu, 17 Agustus 2022

Almond, Camilan Aman untuk Pasien Diabetes

Berita Terkait

Prebiotik Bisa Halau Jerawat

Ternyata Nikotin Bisa Bantu Kurangi Rasa Depresi

Kacang Almond cocok untuk camilan pasien diabetes tipe 2. (dok.jawapos)

batampos – Almond ternyata aman untuk dikonsumsi pasien dabetes yang harus harus disiplin menjaga asupan makanannya.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Metabolism Clinical and Experimental, pada tahun 2010 menyebutkan kacang almond bisa menjadi camilan yang sempurna bagi mereka yang mengidap diabetes tipe 2.

Para peneliti dari Taiwan dan AS menemukan kacang almond dapat membantu mengontrol kadar gula darah, serta meningkatkan penurunan berat badan dan mengurangi kadar kolesterol.

”Hasil kami menunjukkan bahwa almond makanan sehat memiliki efek menguntungkan pada (obesitas), kontrol glikemik (kontrol gula darah), dan profil lipid, sehingga berpotensi menurunkan risiko penyakit kardiovaskular pada pasien diabetes mellitus tipe 2,” kata peneliti seperti dilansir dari Express.co.uk, Selasa (2/8).

Baca juga : Gaya Hidup Sehat Bantu Atasi Diabetes, Lakukan 5 Langkah Berikut

Sebagai bagian dari penelitian, tim mempelajari efek almond dalam diet 20 pasien diabetes tipe 2. Studi tersebut mengatakan konsumsi almond dikaitkan dengan perbaikan pada obesitas, hiperlipidemia, hipertensi, dan hiperglikemia.

Metode Penelitian
Hipotesis dari uji klinis crossover acak selama 12 minggu adalah bahwa konsumsi almond akan meningkatkan kontrol glikemik dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular pada 20 pasien di Tiongkok dengan diabetes mellitus tipe 2. Sebanyak 9 laki-laki, 11 perempuan; 58 tahun; dengan hiperlipidemia ringan diuji dalam penelitian.

Baca juga : Ekstrak Bawang Putih Ampuh Turunkan Gula Darah Pada Penderita Diabetes

Almond ditambahkan ke diet kontrol untuk menggantikan 20 persen dari total asupan kalori harian. Penambahan sekitar 60 gram almond per hari meningkatkan asupan serat, magnesium, asam lemak tak jenuh ganda, asam lemak tak jenuh tunggal, dan vitamin E.

”Lemak tubuh yang ditentukan dengan analisis impedansi bioelektrik secara signifikan lebih rendah pada pasien yang mengonsumsi almond,” katanya.

Hasil Penelitian
Asupan almond menurunkan kolesterol total, kolesterol lipoprotein densitas rendah, dan rasio kolesterol lipoprotein densitas rendah dengan kolesterol lipoprotein densitas tinggi masing-masing sebesar enam persen, 11,6 persen, dan 9,7 persen. Studi ini juga menemukan bahwa diet mengurangi kadar insulin dan gula darah, keduanya relevan untuk pasien diabetes.

”Dibandingkan dengan subjek dalam diet kontrol, mereka yang menjalani diet almond memiliki 4,1 persen, 0,8 persen, dan 9,2 persen lebih rendah dalam tingkat insulin puasa, glukosa puasa, dan indeks resistensi insulin, masing-masing,” kata peneliti. (*)

Reporter : JP Group

Update