Selasa, 16 Agustus 2022

Gaya Hidup Sehat Bantu Atasi Diabetes, Lakukan 5 Langkah Berikut

Berita Terkait

ILUSTRASI: Gaya hidup sehat (Istimewa)

batampos – Ahli kesehatan dari banyak penelitian menyebutkan penyebab utama terjadinya penyakit diabetes adalah pola hidup tidak sehat dan faktor genetik.

Gaya hidup tidak sehat seperti suka makanan instan, junk food, kurang serat hingga tubuh tidak aktif bergerak atau jarang berolah raga membuat angka pendeita diabetes meningkat. Jika sudah terkena diabetes, risiko komplikasi seperti stroke, jantung, gagal ginjal dan amputasi bisa saja terjadi.

Dalam penelitian tahun 2017 tentang metode pengobatan baru yang scientific dan sistematis berupa konsep kesehatan bernama Konsep Karnus, mengedukasi seseorang bahwa dalam setiap sel tubuh harus mendapatkan asupan nutrisi yang cukup agar dapat beregenerasi. Oleh karena itu, inti dari setiap masalah kesehatan menurut Konsep Karnus berawal dari lambung yang gagal memberikan asupan nutrisi untuk setiap sel dalam tubuh.

“Dalam metode konsep karnus ini ternyata membantu percepatan penyembuhan atau pengendalian penyakit-penyakit degeneratif salah satunya diabetes,” kata Pakar Biologi Molekular dr. Sugeng Ibrahim, M.Biomed kepada wartawan, Jumat (18/12).

Dalam metode penelitian tersebut diungkapkan 5 langkah mudah menghindari diabetes. Apa saja?

1. Perbaiki Sistem Pencernaan

Lakukan perbaikan sistem pencernaan makanan dengan merekonstruksi lambung. Lambung yang sehat harus dalam kondisi asam, jika tidak maka makanan yang kita konsumsi tidak akan menjadi nutrisi sel.

“Jangan sampai terapi apapun yang kita lakukan mengganggu fungsi alami asam lambung dalam menyediakan nutrisi-nutrisi lanjutan terkait karbohidrat, protein, dan lemak,” kata dr. Sugeng.

2. Perbaiki Pola Makan

Konsumsi makanan bergizi seimbang yakni mengandung karbohidrat, protein, lemak dan vitamin serta mineral. Pada kasus diabetes kurangi porsi nasi ganti dengan lauk mengandung protein nabati dan hewani. Asam amino yang berasal dari protein akan membantu menghilangkan lemak yang menyumbat reseptor insulin agar dapat kembali dimetabolis oleh tubuh.

3. Makan Jangan Berlebihan

Pastikan selalu makan dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan. Untuk mempermudah, lakukan kebiasaan berhenti makan sebelum kenyang.

4. Cukup Hidrasi

Cukupi kebutuhan minum harian dengan minum air putih minimal 8 gelas air sehari dan tambahkan asupan antioksidan seperti mengkonsumsi buah, sayur dan teh hijau untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Olahraga

Lakukan aktivitas fisik secara rutin meskipun tubuh mengidap penyakit diabetes agar lemak-lemak dalam tubuh dapat diubah menjadi energi. Salah satu contoh kasus adalah yang terjadi kepada seorang penderita diabetes puluhan tahun mendapatkan kakinya dengan luka terbuka serta tulang membiru (proses pembusukan), akhirnya dapat sembuh dengan tulang yang kembali memutih serta luka yang menutup. (*)

Reporter : Jpgroup

 

Update