Senin, 8 Agustus 2022

Agar Tidak Bau Mulut saat Puasa Ramadan

Berita Terkait

Ilustrasi bau lulut (SIPHOTOGRAPHY/GETTY IMAGES)

batampos – Bau mulut tak sedap atau dalam istilah medis disebut dengan halitosis menjadi salah satu keluhan selama berpuasa. Padahal selama berpuasa agar nilai ibadah tetap terjaga maka kesehatan mulut harus selalu diperhatikan.

Kepada JawaPos.com, Ahli Spesialis Penyakit Dalam dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Ari Fahrial Syam mengungkapkan sejumlah cara tepat untuk mengatasi masalah bau mulut selama puasa Ramadan. Caranya sederhana dapat dilakukan dengan kesadaran diri sendiri.

“Bau mulut sebenarnya dapat diminimalkan selama kita berpuasa dengan tetap memperhatikan kebersihan mulut dan mengonsumsi makanan, minuman dan buah-buahan yang baik untuk kebersihan mulut. Jika ada masalah dengan bau mulut tak sedap maka harus dicari apakah bau mulut yang tidak sedap tersebut berhubungan karena adanya penyebab lain selain akibat mulut kering karena berpuasa Ramadan,” katanya baru-baru ini.

Baca juga:Perawatan Tubuh dan Wajah ala Amanda Manopo

Apa saja tips untuk mengatasi masalah bau mulut? Lakukan cara mudah ini.

1. Gosok Gigi
Memelihara kebersihan mulut dengan menggosok gigi dan lidah setelah sahur dan setelah berbuka. Jangan menunda gosok gigi untuk tidur terlebih dahulu setelah kita sahur.

2. Benang Gigi
Gunakan benang gigi (dental floss) untuk membersihkan sela-sela gigi yang tidak terjangkau dengan sikat gigi

3. Cukup Minum
Minum air putih sebanyak 8-10 gelas selama kita berbuka dan saat sahur.

4. Konsumsi Sayur dan Buah
Konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan selama berbuka dan sahur. Beberapa buah-buahan tertentu seperti semangka, bangkoang merupakan buah yang baik dikonsumsi karena banyak mengandung air.

5. Hindari Rokok
Hindari untuk merokok. Rokok akan memperburuk kebersihan mulut selain itu rokok sendiri menimbulkan aroma yang tidak sedap.

6. Cek ke Dokter Gigi
Jika kebetulan ada masalah dengan gigi selama berpuasa segera kontrol kepada dokter gigi agar perawatan gigi dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya.

7. Hindari Makanan Beraroma
Hindari makanan yang berorama tajam antara lain bawang, petai, jengkol, serta durian.

8. Hindari Makanan Manis
Hindari makanan yang mudah lengket pada gigi seperti coklat, es krim, biskuit, dan kue basah lainya. Jika memang tetap ingin mengkonsumsi makanan tersebut segera berkumur atau dibersihkan agar makanan tersebut tidak menempel pada gigi dalam waktu yang lama. (*)

Reporter: JP Group

 

 

Update