Minggu, 21 Juli 2024

7 Manfaat Jamur untuk Kesehatan Jantung hingga Otak

Berita Terkait

Kol Ungu untuk Kesehatan Tulang

Nutrisi untuk Perkuat Daya Ingat Lansia

Ilustrasi Jamur/sumber: freepik_stockking

batampos – Jamur sudah digunakan sebagai tanaman obat sekaligus bahan makanan selama ratusan tahun.

Para ilmuwan telah mengidentifikasi, bahwa jamur memiliki ribuan jenisnya. Namun hanya beberapa jenis saja yang bisa dikonsumsi, seperti, chanterelle, cremini, enoki, maitake, tiram, porcini, portobello dan shitake.

Sedangkan jamur yang tumbuh di alam liar, memiliki senyawa psikedelik (psilocybin) yang bisa menyebabkan halusinasi atau hilangnya kesadaran.

Dilansir dari Cleveland Clinic, seorang ahli diet Joyce Prescott, RD, memberikan penjelasan bahwa mengkonsumsi jamur dapat membantu tubuh agar tetap sehat.

“Kami telah lama mengetahui bahwa jamur baik untuk Anda karena ada senyawa bioaktifnya. Jamur dapat diolah dalam berbagai cara untuk melengkapi pola makan dan membantu tubuh tetap sehat,” jelasnya.

Baca juga: Nyemil Kacang Tanah Menurut Penelitian Terbukti Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Masyarakat kuno dari seluruh belahan dunia yakin dengan memakan jamur bisa memberi kekuatan pada tubuh.

Di Jepang dan Tiongkok, selain dimakan, jamur juga menjadi bahan dasar obat. Bahkan saat ini Jepang juga telah memiliki obat berbahan dasar jamur yang telah disetujui untuk mengobati kanker.

Beberapa peneliti termasuk Prescott menunjukkan, bahwa jamur memiliki 7 khasiat bagi kesehatan, diantaranya:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Jamur mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari stres, mencegah atau memperlambat kerusakan sel dan mengaktifkan sistem kekebalan

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa mengkonsumsi jamur dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara dan menghambat sel tumor.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi
Tanaman ini kaya akan mineral, yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular.

3. Mendukung diet
Dalam sebuah penelitian, orang yang mengganti pengonsumsian daging dengan jamur menunjukkan adanya hasil penurunan berat badan yang baik.

Baca juga: Diet Sehat Bantu Atasi Depresi

4. Menjaga tulang dan otot tetap kuat
Fakta lainnya, jamur ternyata bisa menghasilkan vitamin D, hal itu terjadi karena jamur mengandung ergosterol yang berubah menjadi vitamin D saat terkena sinar ultraviolet.

“Jamur yang terkena sinar UV, berpotensi cukup untuk memenuhi 100% kebutuhan vitamin D Anda pada hari itu,” ungkap Prescott.

Anda juga dapat membuat jamur yang kaya akan vitamin D saat di rumah. Caranya, iris jamur kancing putih atau cremini, lalu biarkan di bawah sinar matahari langsung selama 15 menit, kemudian jamur siap diolah.

5. Melindungi kesehatan otak
Dalam sebuah penelitian, orang berusia 60 tahun ke atas yang mengkonsumsi lebih dari dua cangkir jamur per minggu, memiliki risiko lebih rendah terkena MCI (penurunan kemampuan berpikir).

Baca juga: Marriott Batam Hadirkan Paket Spesial di Wedding Expo Grand Batam

6. Menjaga kesehatan jantung
Nutrisi dan senyawa nabati pada jamur, dapat membantu mencegah penumpukan plak di pembuluh darah, sehingga terhindar dari risiko penyakit jantung.

7. Meningkatkan kesehatan usus
Jamur mengandung zat yang bisa menyeimbangkan mikrobioma (jamur, bakteri, dan virus) di usus, serta mendorong pertumbuhan bakteri baik. Otomatis, hal ini akan mendukung sistem pencernaan dan kekebalan tubuh berjalan normal. (*)

Reporter: jpgroup

 

Update

Kol Ungu untuk Kesehatan Tulang

Nutrisi untuk Perkuat Daya Ingat Lansia

Rossa Akui Dekat dengan Afgan