Rabu, 10 Agustus 2022

7 Cara Memilih Warna Lampu yang Sesuai Dengan Area Ruangan di Rumah

Berita Terkait

Ilustrasi. Foto: Pixabay.com

batampos – Membuat ruangan terlihat cantik tidak hanya bergantung pada furnitur dan hiasan yang digunakan. Namun, pencahayaan juga turut berperan untuk menghasilkan ruangan yang tampak apik.

Teknik pencahayaan ini bukan hanya sekedar memilih bahan dan kualitas lampu yang bagus, melainkan warna lampu juga menjadi hal utama yang perlu diperhatikan. Meski terlihat sepele, tetapi warna lampu dapat memberikan efek yang lebih pada satu ruangan.

Apalagi, saat ini semakin banyak jenis lampu dengan desain, tingkat kecerahan, dan pilihan warna lampu yang berbeda-beda. Nah, setiap warna lampu tersebut bisa menciptakan aksen dan nuansa tersendiri pada setiap ruangan.

Lantas, bagaimana cara memilih warna lampu yang tepat untuk setiap area di rumah? Agar tidak salah pilih, simak ulasannya berikut ini.

1. Putih atau White

Lampu ini memiliki warna dasar putih yang bersih. Kesannya yang modern, mampu meningkatkan ilusi mata saat Anda berada di ruangan serba putih. Warna lampu ini cocok untuk ruang kerja karena tingkatan pencahayaan yang terang dapat meningkatkan konsentrasi mata Anda saat bekerja.

2. Warm White

Berikutnya, lampu warm white, yang memiliki tone warna putih kekuningan. Suhu dari lampu ini berkisar sekitar 2500-3500 Kelvin. Umumnya, penggunaan warna lampu warm white dapat menampilkan kesan mewah pada ruangan, menciptakan sensasi hanga, serta memberikan rasa rileks.

Tidak heran bila warna ini cocok untuk digunakkan pada area ruang berkumpul, seperti ruang keluarga, ruang makan, dan ruang tamu. Anda bisa menggunakannya pada lampu gantung agar seisi ruangan tampak lebih terang dan bersinar.

3. Natural White

Warna natural white merupakan perpaduan dari tone putih dengan sedikit campuran dari warna kuning. Warnanya yang cenderung netral ini, bisa menonjolkan warna perabot di rumah.

Tidak heran bila warna ini sangat cocok digunakan di rumah bergaya modern dan kontemporer. Biasanya, warna lampu natural white terlihat segar dan hidup ketika Anda tempatkan di ruang kerja dan dapur.

4. Cool White

Warna lampu cool white cenderung memberikan kesan yang steril dan bersih. Pencahayaan warna putih terang bisa membuat segala sesuatu di sekitarnya terlihat lebih jelas dan bersinar.

Lampu ini sangat cocok bila Anda tempatkan di area ruang keluarga agar pajangan di sekitarnya dapat terlihat lebih menonjol dan cantik. Namun, ada juga yang suka menggunakan warna lampu cool white pada bagian etalase perhiasan berlian dan untuk menerangi aquarium.

5. Soft White

Warna soft white masih termasuk dalam kategori lampu warna putih, tetapi lampu ini menghasilkan cahaya kuning yang lebih intens. Karena warnanya yang terkesan hangat, lampu soft white cocok ditempatkan di area dengan aktivitas santai, seperti kamar tidur.

6. Daylight

Warna daylight memiliki tone warna yang cenderung soft dan natural. Warna lampu ini sangat cocok untuk Anda yang sedang bekerja dan juga buat anak-anak saat belajar.

Biasanya, warna yang terang benderang dapat membantu agar lebih konsentrasi saat sedang membaca dan menulis. Selain itu, warna lampu ini juga tidak akan membuat mata cepat lelah.

7. Yellow

Lampu warna kuning merupakan warna yang umum Anda temui pada model rumah klasik. Warna ini sangat cocok Anda tempatkan di area pintu masuk, taman, ruang tamu, maupun ruang keluarga.

Selain itu, lampu warna kuning juga dipercaya juga dapat membuat suasana hunian semakin kondusif dan nyaman Anda tempati. Semakin kuat sinar kuning yang Anda pilih, maka semakin meningkat pula mood sang pemilik.

Itu dia 7 jenis warna lampu yang bisa Anda coba di rumah. Pastikan Anda memilih harga lampu LED yang lebih mahal dengan kualitas baik agar tahan lama dan memberikan efek yang maksimal pada ruangan.

Nah, Anda bisa mendapatkan berbagai warna lampu tersebut hanya di ACE Online. Tenang, Anda tidak perlu khawatir lagi untuk mengganti lampu sendiri di rumah karena ACE online juga menjual tangga lipat, yang minimalis dan aman. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, belanja sekarang juga di ACE online.(*)

Update