Jumat, 12 Agustus 2022

6 Tips Batalkan Janji Bertemu Tanpa Bikin Kesal

Berita Terkait

Ilustrasi mengirim pesan atau menelpon saat membatalkan janji bertemu. (pixabay)

batampos – Dalam kehidupan sehari-hari sering kali kita membuat janji bertemu dengan seseorang atau janji menghadiri sebuah acara. Tapi adakalanya, kita membatalkan janji tersebut. Padahal keberadaan kita di pertemuan itu sangatlah penting.

Para ahli menyarankan untuk tidak melakukan kebiasaan membatalkan janji pertemuan. “Karena anda telah membuat janji(kesepakatan), pada akhirnya, itu adalah tanggung jawab Anda untuk berkomitmen menepatinya,” kata pakar etiket Diane Gottsman, juga pendiri Protocol School Texas dikutif well and good.

BACA JUGA: Kolaborasi dengan Ahmad Dhani, Hanin Dhiya Nyanyikan Lagu Dewa 19 Sentuhan Musik Orkestra

Meski demikian, ada tips membatalkan rencana pada menit terakhir tanpa menyinggung perasaan seseorang. Terlebih alasan kita tidak bisa bertemu adalah nyata, misalnya sakit mendadak dan lainnya. Berikut tipsnya membatalkan janji tanpa menyinggung perasaan orang:

1. Lakukan Panggilan Telepon

Mengirim pesan adalah hal yang biasa.  Dan jika Anda membatalkan janji di menit terakhir mungkin bukan hal biasa bagi orang yang dibatalkan. “Saya tahu panggilan telepon bisa menakutkan karena kadang-kadang Anda tidak tahu persis apa yang akan Anda katakan, atau Anda khawatir apakah orang di ujung telepon mungkin meyakinkan Anda untuk berubah pikiran,” kata pakar persahabatan Danielle Jackson.

Menurut, dia, panggilan telepon memberi orang itu kesempatan untuk mendengar nada bicara Anda dan mendengar ketulusan dan penyesalan, yang dapat membuat pembatalan lebih mudah diterima.

2. Minta Maaf

Kata-kata, “Saya minta maaf,” harus diucapkan pertama kali. Meminta maaf menunjukkan bahwa Anda menghargai waktu dan energi orang lain, dan Anda memahami bagaimana pembatalan Anda dapat memengaruhi mereka.

3. Jika Anda tidak memiliki alasan yang benar, hilangkan alasan daripada berbohong

“Setiap kali Anda berbohong untuk sebuah alasan (bahkan yang tampak tidak berbahaya), Anda berisiko ketahuan, yang dapat merusak persahabatan lebih dari sekadar mengatakan yang sebenarnya, ” kata Gottsman.

4. Tawarkan untuk menjadwal ulang janji bertemu

Setelah menjelaskan situasi yang dihadapi, mencari waktu alternatif untuk menjadwal ulang adalah cara paling pasti untuk mencegah pembatalan agar tidak merusak persahabatan, kata Grotts. Melakukannya mengirimkan pesan bahwa Anda masih menghargai hubungan itu.

5. Hindari memposting secara publik di media sosial setelah Anda membatalkan

Secara khusus, Jackson memperingatkan agar tidak menunjukkan tanda-tanda berkegiatan setelah pergi ke tempat di mana orang atau orang-orang yang mengadakan acara atau kumpul-kumpul bisa melihatnya.

6. Pastikan untuk tidak membatalkan lain kali

Ketika pembatalan di menit-menit terakhir menjadi kebiasaan, hal itu berdampak buruk pada Anda dan berisiko merusak hubungan, kata Gottsman. (*)

Reporter: Andriani Susilawati

 

Update