Kamis, 11 Agustus 2022

5 Tips Mencari Tiket Pesawat Murah untuk Liburan Hemat

Berita Terkait

Ilustrasi. Pesawat Lion Air. Foto: Messa Haris/Batam Pos

batampos – Permasalahan tiket pesawat adalah hal yang kerap kali menyulitkan kita saat merencanakan liburan.

Apalagi, saat Anda ingin berlibur ke suatu tempat yang tidak bisa ditempuh dengan kendaraan darat seperti mobil atau kereta. Pastinya, Anda perlu mempertimbangkan harga tiket pesawat sebagai hal yang utama.

Mengapa demikian? Tiket pesawat menjadi komponen biaya liburan dan traveling yang paling memakan biaya selain penginapan.

Bahkan, biaya tiket pesawat pulang pergi bisa mengambil alokasi anggaran liburan Anda hingga setengahnya atau 50 persen dari uang yang Anda siapkan untuk berlibur.

Makanya, tak jarang para traveler menekan biaya dan berburu tiket pesawat murah dan menggunakan low-cost carrier, misalnya dengan cek promo Lion Air yang kerap kali menguntungkan.

Namun, ternyata tak hanya dengan mengecek promo, Anda juga bisa mendapatkan tiket pesawat murah di kondisi apapun baik saat peak season atau tidak dengan cara berikut ini. Yuk Simak!

Low-Cost Carrier dengan Low-Cost Ticket

Rasanya, bagi Anda dan para traveler lain sudah paham bahwa penerbangan murah atau maskapai low-cost carrier juga memberikan harga tiket yang juga murah atau low-cost ticket.

Biasanya, dengan memilih low-cost carrier, Anda tidak akan mendapatkan pelayanan yang maksimal seperti makanan atau tambahan bagasi.

Perbedaannya jelas pada pelayanan yang terbatas jika dibandingkan dengan full services airlines. Sebut saja, Anda harus rela mendapatkan seats dengan ruang kaki yang lebih sempit dan mengeluarkan tambahan biaya untuk bagasi tambahan.

Namun, rasanya hal tersebut setimpal dengan biaya yang Anda keluarkan yang nyatanya lebih murah.

Hal ini tentu akan sangat membantu Anda menghemat cukup banyak uang bagi Anda dan para traveler yang senang bepergian minim bawaan atau gaya backpacker dan satu koper yang bisa diletakkan pada kabin.

Namun, jika Anda ingin membawa barang lebih banyak, Anda bisa memilih untuk membeli tiket dari low-cost carrier yang memberikan kapasitas bagasi gratis.

Berburu Tiket Promo

Cara yang satu ini rasanya tidak pernah salah. Ya, Anda bisa berburu tiket promo yang kerap kali dikeluarkan oleh berbagai maskapai penerbangan.

Namun, perlu diingat, promo tiket pesawat tidak akan selalu ada. Nah, maka dari itu, Anda perlu tahu kapan maskapai penerbangan mengeluarkan harga spesial atau promo.

Sedikit informasi, biasanya promo tiket pesawat dimulai pada tengah malam dan jumlah tiket promo yang disediakan terbatas.

Anda bisa sedikit meluangkan bangun di tengah malam atau begadang untuk mendapatkan tiket promo langsung pada laman situs maskapai yang Anda inginkan.

Pastikan juga Anda sudah membaca semua keuntungan dan kerugian yang akan Anda dapatkan pada tiket promo tersebut.

Manfaatkan Miles untuk Terbang Murah dan Gratis

Tips selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fitur miles pada maskapai. Biasanya, sebelum dapat menggunakan dan mengumpulkan miles, Anda harus mendaftarkan diri Anda menjadi member atau anggota terlebih dahulu.

Ibaratnya, Anda bukan penumpang biasa tetapi loyalty membership sebuah maskapai yang kerap kali mengandalkan maskapai tersebut sebagai transportasi andalan Anda.

Setelah mendaftar, Anda bisa mendapatkan miles sesuai dengan frekuensi dan jarak penerbangan yang akan dihitung.

Nantinya, miles yang berupa poin tersebut dapat Anda tukar dengan diskon penerbangan atau tiket murah bahkan gratis dari maskapai yang sama.

Rencanakan Liburan Anda dari Jauh-Jauh Hari

Cara terakhir adalah dengan memesan dan membeli tiket pesawat dari beberapa waktu sebelumnya.

Cara ini pasti berhasil mengingat banyak maskapai yang memberikan harga lebih murah, jika waktu penerbangan Anda masih lama tentunya dengan tujuan tertentu. Jadi, jika Anda sudah menentukan akan berlibur kemana, maka cara ini bisa Anda lakukan.

Namun, perlu diingat hati-hati saat memesan tiket pesawat dari jauh-jauh hari mengingat ada beberapa maskapai tidak memberikan fasilitas refund jika Anda mengubah waktu penerbangan Anda.

Jadi, jika sudah yakin terhadap waktu liburan atau cuti Anda langsung saja beli tiket pesawat tersebut jauh dari sebelum waktu keberangkatan ke tujuan Anda, seperti satu atau tiga bulan sebelumnya.

Gunakan Situs dan Aplikasi Khusus Traveling

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi khusus traveling. Mengapa demikian? Anda dapat menemukan berbagai tiket pesawat yang lebih murah jika dibandingkan dengan memesannya di travel agent.

Tak cuma mendapatkan harga tiket pesawat yang lebih murah, dengan aplikasi, Anda juga dapat membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai maskapai dan bisa menentukan yang termurah.

Cukup dengan mencari tiket pesawat yang Anda inginkan pada kolom pencarian atau search, Anda akan mendapatkan rekomendasi pilihan tiket pesawat lengkap dengan harganya untuk ke tujuan dan tanggal yang Anda inginkan.

Anda juga bisa memanfaatkan fitur pengingat atau alert dari aplikasi yang digunakan untuk mendapatkan notifikasi dan informasi melalui aplikasi atau email pribadi Anda.

Nah, travel app yang menyediakan berbagai pilihan tiket pesawat dengan harga terjangkau lengkap dengan berbagai promo yang bisa Anda gunakan adalah Traveloka.

Traveloka menyediakan berbagai maskapai favorit yang bisa Anda pilih sebagai transportasi untuk berlibur, mulai dari low-cost carrier hingga premium services airlines. Cukup dengan membelinya di aplikasi Traveloka, Anda bisa langsung mendapatkan e-ticket untuk bepergian ke tempat tujuan Anda

Lengkapi kemudahan liburan Anda dengan Traveloka menggunakan layanan Pesan Kereta Bandara untuk kenyamanan Anda sebelum pergi dengan maskapai favorit Anda.

Tak hanya itu, Anda juga dapat menikmati layanan lainnya seperti memesan tiket hotel, wisata, dan yang lainnya tentunya dengan harga yang menarik.

Segera pesan pesawat dan kebutuhan travel Anda hanya di Traveloka, App Travel Terbaik: Harga Jujur, Pilihan Lengkap hanya di Traveloka Lifestyle SuperApp!

Update