Senin, 17 Juni 2024

5 Tips Membuat Ruang Kerja yang Ergonomis di Rumah, Terhindar dari Sakit Akibat Kerja

Berita Terkait

Ilustrasi ruang kerja ergonomis (freepik.com/ArthurHidden)

batampos – Lima tips ini untuk membuat ruang kerja yang ergonomis di rumah. Anda bisa meminimalisir penyakit akibat kerja dan terhindar dari kecelakaan kerja sehingga bisa lebih produktif meski di rumah.

Kursi kerja yang kaku atau meja kerja yang terlalu tinggi, membuat leher, bahu, hingga punggung terasa sakit.

Hal ini membuat kita tidak nyaman ketika harus berlama-lama bekerja di belakang komputer. Solusinya dengan membuat ruang kerja yang ergonomis.

Menciptakan ruang kerja yang ergonomis bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi cedera dalam bekerja.

Hal ini juga untuk meningkatkan kenyamanan penggunaan teknologi, meningkatkan pekerjaan, keselamatan, hingga kualitas hidup para pekerja.

Baca Juga:7 Rekomendasi Makanan Kaya Zinc dan Vitamin D untuk Jaga Sistem Kekebalan Tubuh

Berikut ini tips membuat ruang kerja yang ergonomis, yang bisa kamu praktikan di rumah!

1.Pilih kursi yang tepat

Gunakan kursi yang dapat menopang tulang belakang, dan menjaga kepala serta leher sejajar dengan tubuh kamu.

Kursi yang dirancang secara ergonomis dibuat khusus untuk menjaga tubuh kita, dalam posisi yang nyaman dan untuk menjaga postur tubuh yang baik.

2. Perhatikan meja yang digunakan

Dikutip dari Real Simple, meja menjadi bagian penting untuk menghindari kelelahan di ruang kerja. Meja kerja dirancang khusus dengan ketinggian ergonomis yang tepat.

Meja yang tepat adalah meja yang cukup untuk meletakkan kaki di bawah. Selain itu, gunakan meja dan bangku kerja yang menyesuaikan tinggi badan kamu ketika duduk tegak.

3. Sesuaikan ketinggian monitor atau laptop dengan tepat
Mengatur meja ergonomis yang ideal adalah dengan posisi leher dan pergelangan tangan yang tepat, sehingga ketika kamu belama-lama di depan komputer leher tidak terasa sakit.

Posisikan layar komputer setinggi mata atau sedikit lebih rendah dengan mata, hal ini merupakan posisi yang sesuai untuk menghindari sakit pada leher atau punggung.

4. Beristirahat secara teratur

Duduk berjam-jam dalam jangka waktu yang lama dengan posisi tubuh sama, dapat menyebabkan kekakuan dan nyeri pada beberapa bagian tubuh.

Kamu bisa menggerakan tubuh kamu setiap satu jam sekali dan melakukan stretching untuk menghindari kekakuan.

5. Pencahayaan yang baik

Pakar ergonomis menyarankan agar mendapatkan pencahayaan yang baik untuk mengurangi ketegangan pada mata.Pencahayaan alami yang melimpah di ruang kerja sangat ideal, karena dapat mengurangi ketegangan pada mata.(*)

Reporter : jp group

Update