Kamis, 30 Mei 2024

5 Kebiasaan Sehat Saat Pancaroba, Bye Bye Flu

Berita Terkait

Flu bisa menyerang kesehatan jika tubuh tidak fit saat musim pancaroba (Istimewa)

batampos – 5 Kebiasaan sehat bisa Anda terapkan saat musim pancaroba seperti ini.
Flu pun bisa diihindari.

Musim pancaroba membuat tubuh rentan sakit. Flu seperti batuk dan pilek adalah
penyakit paling umum yang menjadi ancaman seperti laporan Organisasi Kesehatan
Dunia (WHO).

Penyebab flu diantaranya berbagai virus yang dapat dengan mudah masuk ke tubuh
melalui saluran udara. Apalagi perubahan iklim dan polusi makin membuat udara
juga tercemar.

Berikut 5 kebiasaan baik seperti dilansir dari Science Times, Senin (30/1), agar
terhindar dari flu.

Baca juga: Berolahraga Saat Flu, Kenali Dulu Gejalanya

1. Hindari Kontak Dekat
Seperti disebutkan, pilek dan flu adalah penyakit pernapasan umum yang
disebabkan oleh berbagai virus yang menular. Ini berarti penyakit ini dapat
menyebar secara langsung atau tidak langsung dari satu orang ke orang lain.
Menghindari kontak dekat dengan orang yang memiliki gejala dapat berarti
mencegah sakit. Periode menular dapat berlangsung sekitar satu hari hingga dua
minggu.

Gejala yang mungkin terjadi setelah terpapar dapat berupa batuk, sakit
tenggorokan, pilek, bersin, hidung tersumbat, demam, nyeri tubuh, dan sakit kepala
ringan.

2. Cuci Tangan Secara Rutin
Mencuci tangan secara teratur dapat membantu menjaga kebersihan dan
melindungi dari penyakit umum seperti pilek dan flu. Mencuci tangan adalah cara
paling sederhana namun paling efektif untuk membersihkan tangan.

Cukup gunakan sabun antibakteri dan bilas dengan air bersih. Jika sabun tidak
tersedia, Anda dapat langsung menggunakan pembersih tangan berbahan dasar
alkohol.

3. Makan Sayuran
Mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang sehat dengan makan sayuran
adalah salah satu cara yang bagus untuk melindungi diri dari flu.

Yang paling signifikan, sayuran berdaun hijau secara signifikan memberi tubuh
vitamin yang diperlukan dan manfaat kesehatan lainnya untuk meningkatkan fungsi
sistem kekebalan tubuh. Buah dan sayuran kaya vitamin, mineral, antioksidan, dan
serat.

4. Dapatkan Vitamin
Selain dari sumber alami vitamin dan mineral seperti sayuran dan buah-buahan,
mengonsumsi suplemen yang kaya akan vitamin dan mineral tertentu diperlukan
untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kebiasaan sehat termasuk mengonsumsi suplemen vitamin D, C, dan seng untuk
membantu tubuh memperoleh kebutuhan yang diperlukan untuk stimulasi dan
fungsi sistem kekebalan.

Vitamin C, khususnya, mendukung pembentukan sel kekebalan untuk perlindungan
tubuh terhadap mikroorganisme.

Di sisi lain, suplemen Vitamin D berperan penting dalam mengatur sel kekebalan
selama infeksi. Selain itu, Zinc dapat membantu mengurangi dan meredakan gejala
yang terjadi dan mungkin membantu mengurangi durasi pilek, termasuk
menghindari sejumlah infeksi pernapasan.

5. Olahraga
Menjaga tubuh tetap aktif adalah kebiasaan sehat yang harus dilakukan secara
teratur. Melakukan olahraga sederhana seperti berjalan, berlari, atau olahraga rutin
lainnya sudah cukup dan membantu agar tubuh tetap bergerak. (*)

Reporter : JPGroup

 

Update