Senin, 27 Juni 2022

5 Cara Bertahan dari Cuaca Panas

Berita Terkait

ILUSTRASI Cara bertahan dari cuaca panas adalah minum air yang cukup dan batasi aktivitas di luar saat panas terik. (foto India Today)

batampos – Cuaca panas dapat menyebabkan pusing, muntah, sakit kepala, dehidrasi, terbakar sinar matahari, dan bahkan sengatan panas.

Melawan cuaca panas bisa dilakukan dengan air. Jus buah sehat dan segar juga bagus untuk mengatasi rasa panas saat cuaca terik.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk menghindari sakit, terutama bagi orang-orang yang tidak dapat menghindari pergi ke luar.

5 cara untuk bertahan dari cuaca panas seperti dilansir India Today:

1. MINUM AIR YANG CUKUP

Salah satu hal terpenting yang perlu diingat ketika mencoba melawan panas adalah air. Bahkan dalam cuaca terik, asupan air yang cukup membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi.
Jangan lupa selalu membawa air minum ke tempat kerja atau saat beraktivitas lain seperti berbelanja. Jika yang Anda bawa habis, isi ulang di dispenser air yang aman.

2. JUS SEGAR
Jus buah yang sehat, selain air, adalah cara yang bagus untuk mengatasi saat cuaca panas. Jus buah segar, di sisi lain, adalah pilihan yang lebih sehat daripada jus buah dalam kemasan, yang sering mengandung bahan pengawet.

Baca juga : Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari Saat Perut Masih Kosong, Membersihkan Racun hingga Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Pendingin seperti jus semangka dan lemon squash sangat baik untuk tubuh selama musim panas. Mereka membuat Anda terhidrasi dan memberi Anda dorongan energi. Sedangkan teh dan kopi, sebaiknya dihindari saat cuaca panas.

3. BATASI AKTIVITAS DI LUAR
Batasi aktivitas luar saat cuaca terik. Pilih beraktivitas saat pagi dan sore hari. Sering-seringlah beristirahat di tempat teduh agar tubuh Anda pulih.

4. PAKAI TABIR SURYA
Sunburn merusak kapasitas tubuh Anda untuk mendinginkan dan membuat Anda dehidrasi. Jika Anda harus pergi ke luar, kenakan topi bertepi lebar dan kacamata hitam untuk melindungi diri dari sinar matahari, dan oleskan tabir surya dengan SPF 15 atau lebih tinggi 30 menit sebelum keluar. Lanjutkan untuk menerapkannya kembali sesuai dengan instruksi pada kemasan.

5. AIR MINUM DARI CLAY POTS
Karena suhu air kulkas terlalu dingin saat hari panas, sedangkan air yang ditinggalkan di luar terlalu panas, pot tanah liat menawarkan kita air minum yang ideal. Karena efek pendinginan yang sempurna, lembut di tenggorokan dan dapat dengan mudah tertelan oleh orang yang menderita pilek atau batuk. (*)

Reporter : umy

Update