Minggu, 14 Juli 2024

4 Tips Aman dan Nyaman Berkendara di Malam Hari

Berita Terkait

Tips Mendaki Gunung untuk Pemula

Tips Sehat dan Bahagia di Usia Senja

Ilustrasi mengemudi mobil (Istimewa)

batampos – Berkendara di malam hari memerlukan ketrampilan khusus. Selain itu, kondisi tubuh juga harus prima sehingga bisa tetap wapada mempredisi arus lalu lintas.

Sebuah riset oleh Greg Monforton & Partners Injury Lawyers (2022) yang mengungkapkan mengemudi di malam hari memiliki tingkat risiko tiga kali lipat lebih tinggi mengalami insiden.

Dilihat dari profil pengemudi di malam hari, kebanyakan dari golongan pekerja, pengendara lintas kota, dan sebagainya.

Mengemudi di malam hari dapat memengaruhi tingkat kewaspadaan. Pengemudi kemungkinan besar akan lebih rentan mengalami kelelahan dan tidak prima kondisinya.

Selain faktor kelelahan, pengemudi juga harus lebih sigap dan waspada terhadap kondisi jalanan dan faktor alam yang memengaruhi keamanan saat berkendara di malam hari.

PT Suzuki Indomobil Sales memberikan beberapa tips agar perjalanan pada malam hari tetap aman dan nyaman bagi pengemudi.

Baca juga: Warna dapat Menstimulasi Perkembangan Penglihatan Anak

“Pastikan untuk selalu berhati-hati dan waspada ketika berkendara dalam keadaan apapun untuk meningkatkan keselamatan pengendara dan pengendara lainnya,” ucap Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales Hariadi dalam rilis pers, Selasa.

1. Pastikan seluruh lampu penerangan mobil menyala dengan baik dan sesuai dengan spesifikasi kendaraan dan peraturan yang berlaku.

Pengendara dapat menyalakan lampu mobil sebelum matahari terbenam dan mematikannya beberapa saat setelah matahari terbit. Hal ini dilakukan agar mobil tetap terlihat jelas oleh pengendara lain.

Gunakanlah lampu secara bijak dan sesuai kebutuhan, misalnya saat ada pengendara lain yang melintas di depan atau sedang melewati daerah yang ramai, hindari penggunaan lampu jarak jauh agar tidak mengganggu pandangan atau menyilaukan pengendara lain.

2. Hindari menatap langsung ke arah lampu penerangan mobil lain yang dapat menyebabkan silau atau pandangan yang berkilau-kilau akibat melihat cahaya yang terlalu terang. Sebaiknya pengendara melihat bagian sisi kiri jalan dan mengikuti garis putih yang
menandai tepi jalanan.

Namun, jika tidak sengaja melihat dan kesilauan yang membuat pengendara tidak bisa melihat apapun, hindari berhenti secara tiba-tiba dan pastikan untuk berjalan pelan-pelan untuk menghindari adanya kejadian tak terduga di jalan.

3. Gunakan rute yang sering dilalui dan perhatikan dengan baik kondisi jalannya. Ini akan membantu pengendara lebih mudah mengingat dan mengantisipasi tikungan, lampu lalu lintas, rambu lalu lintas, dan sebagainya saat mengemudi di malam hari.

4. Perhatikan lingkungan sekitar dan konsentrasi pada kondisi jalanan serta pengendara lain. Pengendara harus lebih berhati-hati saat melewati area permukiman. Di area ini, banyak sekali pengguna jalan yang harus diperhatikan seperti anak-anak, orang tua, dan
pengendara sepeda hingga sepeda motor.

Selain pengguna jalan, pengendara juga harus berhati-hati terhadap hewan yang tiba-tiba melintas di depan kendaraan. Maka dari itu, kurangi kecepatan ketika melewati area tersebut dan selalu waspada terhadap lingkungan sekitar. (*)

Reporter : JPGroup

 

Update

Tips Mendaki Gunung untuk Pemula

Lewat Chat, Atta Halilintar Minta Maaf ke Tompi

Ingin Redakan Stres, Mulailah Bermain Catur