Senin, 23 Mei 2022

Motor Tetap Aman dan Nyaman Setelah Mudik 

Berita Terkait

ILUSTRASI: New Honda Scoopy yang kini memiliki desain striping terbaru berkonsep Modern Shape mengikuti lekukan pada bodi motor. F. aripitstop.com

batampos – Mudik merupakan sebuah tradisi masyarakat Indonesia ketika tiba hari Lebaran menuju kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga tercinta yang ditinggalkan merantau.

Berbagai moda transportasi digunakan, salah satunya yaitu sepeda motor. Sama halnya dengan persiapan sebelum mudik, setelah mudik pun pemilik sepeda motor harus melakukan pemeriksaan dan perawatan agar performa sepeda motor tetap optimal dan nyaman digunakan sehari-hari.

”Untuk mengembalikan performa sepeda motor dalam kondisi optimal setelah digunakan untuk perjalanan jauh, ada beberapa hal yang harus diperhatikan setelah perjalanan jauh, kualitas oli dalam memberikan perlindungan komponen mesin akan berkurang. Karena itu, perlu dilakukan penggantian oli agar komponen mesin tetap terlindungi dan bekerja dengan optimal,” ungkap Manager Safety Riding

PT Astra Honda Motor (AHM), Johanes Lucky, Selasa (10/5). Setelah melakukan perjalanan jauh, kotoran yang menempel pada filter udara perlu dibersihkan agar tak menghambat aliran udara ke ruang bakar. Karena hambatan aliran udara ke ruang bakar akan membuat proses pembakaran di ruang bakar tak sempurna. Imbasnya kinerja mesin dan performanya akan menurun.

”Selain itu, membersihkan filter udara akan mencegah kotoran yang menempel di filter ikut terbawa masuk ke ruang bakar yang berisiko menimbulkan kerusakan komponen mesin sepeda motor,” ujarnya.

BACA JUGA: Hindari Kantuk, Berkendara dengan Aman Saat Mudik

Kebersihan CVT sangat penting karena berhubungan dengan penggerak roda. CVT yang kotor dapat menghambat kerja pulley dan v-belt. Selain itu, CVT yang kotor juga bisa menimbulkan gredek dan penurunan performa sepeda motor.

Pastikan seluruh komponen kelistrikan masih berfungsi dan bekerja dengan baik. Periksalah lampu depan, belakang, sein dan lampu indikator pada panel meter masih menyala dengan normal. Selain itu, periksa juga kondisi baterai atau aki.

”Pastikan daya atau tegangan yang dihasilkan dari aki sesuai dengan standar pabrikan. Jika tegangannya sudah menurun, segera ganti aki dengan yang baru agar kinerja komponen yang membutuhkan daya lis­trik tetap bekerja secara optimal,” sebutnya.

Jangan lupa, manfaatkan layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu servis. (*)

Reporter: Azis Maulana

Update