Senin, 15 April 2024

10 Ciri Orang Cerdas Menurut Para Ahli

Berita Terkait

Panduan Pilates Bagi Pemula

Saatnya Handuk Harus Diganti

Ilustrasi ciri orang cerdas yaitu dapat beradaptasi dengan mudah dengan  kehidupan. Tampak orang-orang bekerja jarak jauh dan duduk berjauhan saat ada pandemi covid19. (Instagram/nytimes)

 

batampos – Ada 10 ciri orang cerdas menurut para ahli. Simak ulasannya di bawah ini. Berbicara tentang orang cerdas, kemungkinan besar, ada beberapa tipe yang muncul di benak Anda.

Misalnya, kita cenderung mengaitkan kecerdasan ketika mengetahui banyak hal atau mungkin, orang yang identik pandai matematika. Ternyata, orang cerdas tidak melulu seperti itu. Bahkan, banyak dari mereka yang tidak tahu kalau mereka cerdas.

Menurut psikolog klinis dan ahli terapi saraf Dr. Catherine Jackson, ternyata orang cerdas tidak selalu seperti yang disebutkan di atas. Bahkan, banyak dari mereka yang tidak tahu kalau mereka cerdas. Jadi, inilah 10 ciri orang yang cerdas, menurut para ahli.

Baca Juga: Penderita GERD Boleh Kok Minum Kopi, Pilih yang Rendah Asam Agar Lebih Aman

1. Memiliki Empati yang Tinggi

“Ada korelasi antara kecerdasan emosional yang tinggi dan IQ yang tinggi dalam penilaian psikologis,” kata Christine Scott-Hudson, psikoterapis berlisensi.

Dengan kata lain, empati (kepedulian) yang merupakan bagian dari kecerdasan emosional (EQ) berhubungan langsung dengan kecerdasan kognitif seseorang (IQ).

2. Memiliki Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Menurut Scott-Hudson, orang cerdas memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap segala hal.

Orang cerdas suka belajar tentang orang lain, budaya, hewan, sejarah, dan dunia pada umumnya.

Meskipun memiliki kegemaran membaca tidak selalu merupakan tanda kecerdasan, hal ini menunjukkan bahwa orang tersebut suka belajar dan memiliki rasa ingin tahu yang besar.3. Jeli dan Suka Mengamati

Orang yang paling cerdas di dalam ruangan tidak selalu yang paling banyak suaranya.

“Di saat banyak orang berbicara untuk menunjukkan siapa mereka, orang cerdas justru sebaliknya,” kata Jackson.

Mereka justru diam dan lebih memilih untuk mengamati kondisi di sekitarnya.

Sehingga, orang cerdas cenderung lebih jeli dan dapat melihat hal-hal yang terlewatkan oleh orang lain.

4. Bisa Mengontrol Diri dengan Baik

Menurut Jackson, memiliki kontrol diri adalah tanda kecerdasan karena itu berarti orang tersebut lebih cenderung berpikir sebelum berbicara atau bertindak.

“Ketika orang cerdas mengalami masalah dalam hidup, mereka akan menyelesaikan masalah mereka dengan cepat,” kata Jackson.

5. Memiliki Daya Ingat yang Baik

“Memori yang baik berkorelasi dengan kecerdasan secara umum,” kata Jackson.

Ketika seseorang memiliki memori yang kuat, ini berarti ia memiliki memori jangka pendek dan kemampuan untuk fokus yang baik.

Orang cerdas juga memiliki fleksibilitas kognitif, yang artinya dapat dengan mudah beralih dari satu hal ke hal lainnya.

Orang yang sangat cerdas tidak mencoba bertindak seolah-olah mereka tahu segalanya. Faktanya, tanda kecerdasan adalah mengenali fakta bahwa dia tidak mengetahui segalanya.

“Jika mereka tidak dapat melakukan sesuatu, mereka tidak mencoba atau bertindak seolah-olah mereka bisa,” kata Jackson.

“Sebaliknya, mereka tahu batas kemampuan mereka dan bisa mengakuinya. Hal ini memungkinkan mereka terbuka untuk belajar lebih banyak dari orang lain dan/atau dari pengalaman.”

7. Bisa Beradaptasi

Orang yang paling cerdas tidak membuang waktu untuk mengkhawatirkan hal-hal yang tidak dapat mereka kendalikan.

“Daripada bersikap kaku tentang apa yang harus terjadi, mereka tetap fleksibel secara mental, berpikiran terbuka, dan dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan kehidupan,” kata Jackson.

8. Selalu Mengikuti Rasa Ingin Tahu

Menurut psikolog klinis berlisensi, Dr. Holly Schiff, Psy.D., orang-orang dengan kecerdasan tinggi mengikuti rasa ingin tahu mereka.

“Mereka mampu mengakui ketika mereka tidak terbiasa dengan konsep tertentu atau jika ada sesuatu yang berada di luar bidang pengetahuan mereka, dan bersedia untuk mempelajari apa yang tidak mereka ketahui,” kata Schiff.

Ketika ada sesuatu yang benar-benar menarik bagi mereka, mereka akan menginvestasikan banyak waktu dan energi untuk mempelajari apa yang ingin mereka ketahui.

9. Mengajukan Pertanyaan yang Membangun Percakapan

Menurut antropolog perusahaan Andi Simon, Ph.D., orang cerdas tidak mengajukan pertanyaan tanpa tujuan.

Mereka bertanya untuk mendapatkan wawasan yang dapat membantu mereka lebih memahami apa yang mereka lakukan, pikirkan, rasakan, dan antisipasi.

Orang yang cerdas menyadari bahwa orang lain memiliki informasi dan wawasan. Pertukaran wawasan hanya bisa berlangsung ketika terjadi sebuah percakapan atau diskusi.

10. Dipercaya dan Diikuti Orang Lain

Orang cerdas biasanya adalah pemimpin alami. Mereka dikagumi, dipercaya, bahkan diikuti oleh banyak orang.

Orang-orang lebih bersedia untuk mengikuti dan mempercayai mereka yang cerdas dan tahu bagaimana cara memimpin sekelompok orang secara efektif. (*)

Reporter: jpgroup

Update