Selasa, 5 Maret 2024

Penderita GERD Boleh Kok Minum Kopi, Pilih yang Rendah Asam Agar Lebih Aman

Berita Terkait

Ilustrasi minum kopi (instagram/buzzbeans1)

batampos – Penderita GERD atau seseorang dengan penyakit asam lambung boleh kok minum kopi. Hanya saja harus memilih yang rendah asam agar lebih aman. Simak tujuh tips bagi penderita GERD saat ingin menikmati kopi.

Dewasa ini, industri kopi makin meningkat pesat di Indonesia. Usaha minuman satu ini juga makin mudah ditemukan.

Dilansir dari JawaPos.com, menurut laporan Badan Pusat Statistik (BPS), produksi kopi Indonesia mencapai 794,8 ribu ton pada 2022, meningkat sekitar 1,1 persen dibanding tahun sebelumnya.

Masyarakat dari segala kalangan, khususnya anak muda menjadikan kopi sebagai salah satu minuman favorit karena rasa dan aromanya yang kuat.

Baca Juga:Lima Manfaat Ekstrak Biji Anggur, Tingkatkan Alirah Darah – Cegah Penyakit Alzheimer

Terlebih lagi mengonsumi kopi di pagi hari adalah satu cara minum kopi terbaik karena mampu memberikan energi untuk memulai aktivitas.

Di balik itu, kopi memiliki kandungan kafein yang berbeda-beda di setiap jenisnya sehingga minuman ini menjadi pantangan untuk penderita GERD.

Namun, bukan berarti tidak boleh sama sekali. Hanya saja ada batasan yang perlu diterapkan oleh penderita GERD apabila tetap ingin menikmati kopi.

1. Kopi rendah asam

Pilihlah kopi dengan kadar asam rendah untuk penderita GERD. Kopi arabika lebih disarankan karena tingkat asam yang rendah dan kadar kafein yang kecil, jika dibandingkan dengan kopi robusta.

2. Kopi espresso

Mungkin kopi ini terkenal karena warna hitam pekatnya, tapi ternyata aman dikonsumsi untuk penderita GERD.

Penyajiannya yang umumnya menggunkan cangkir kecil, membuat satu cangkir espresso hanya berisi 30 ml dengan kandungan kafein sebersar 75 mg.

3. Kopi cold-brew

Kopi yang dibuat dengan menggunakan teknik cold-brew memiliki kandungan kafein sekitar 95 mg.

Kandungan kafein ini masih di bawah batas asupan kafein aman pada orang dewasa sehat yaitu 200 – 300 mg/hari.

4. Kopi decaffeinated brewed

Kopi dengan jenis decaffeinated brewed ini merupakan kopi yang menggunakan teknik melarutkan kandungan kafein dalam proses pencucian biji kopi sebelum melalui proses dipanggang dan digiling. Dalam satu gelas (237 ml) kopi seduh decaf, mengandung 2 – 12 mg kafein.

5. Kopi yang mengandung susu

Kopi yang mengandung campuran susu seperti latte, memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah dan aman untuk pencernaan.

6. Pilih biji kopi dengan roasting-an dark

Biji kopi dark roast adalah biji kopi yang dipanggang pada suhu tinggi dan lebih lama. Jenis dark roast coffee lebih aman karena kandungan kafeinnya lebih rendah dibanding jenis light roast coffee. Ciri-ciri biji kopi dark roast:

– Warna biji kopi sangat gelap

– Aroma dan rasa hangus lebih kuat saat diseduh

– Biasa dicampur dengan susu, seperti pada cappuccino atau latte

7. Piliih biji kopi yang difermentasi ganda

Teknik fermentasi dianggap dapat memengaruhi pemilihan kopi agar lebih aman untuk asam lambung. Terlebih lagi menggunakan biji kopi yang difermentasi lebih dari sekali agar dapat menghasilkan kopi yang lebih nyaman untuk perut.

Sebagai penderita GERD, kamu harus sadar bahwa kemampuanmu minum kopi tidak bisa disamakan dengan orang lain pada umumnya.

Asupan kafein yang berlebihan justru akan membuat gejalanya makin parah dan menimbulkan rasa tidak nyaman saat beraktivitas.(*)

Reporter: jp group

Update