Kamis, 8 Desember 2022

10 Alat Olahraga di Rumah, Tetap Bugar Meski Jarang ke Gym

Berita Terkait

Ini Tips Menghindari Lowongan Kerja Palsu

Tips Liburan Akhir Tahun

Ilustrasi. Foto: Pixabay.com

batampos.co.id – Olahraga merupakan salah satu upaya untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Jika tubuh sudah sehat, maka berbagai aktivitas bisa dilakukan dengan lancar.

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu luang untuk melakukan olahraga di tempat gym, bisa di rumah. Ada banyak sekali alat olahraga di rumah yang bisa dibeli.

Mulai dari harga yang terjangkau sampai dengan berbagai alat yang mengunggulkan kualitasnya. Makin memudahkan, sekarang ini semuanya serba bisa dibeli secara online.

Apalagi, akan ada promo Shopee 12.12 Birthday Sale yang menawarkan diskon menggiurkan sampai 50% sampai dengan gratis ongkos kirim lebih banyak.

Acara tersebut dilangsungkan pada 15 November sampai 12 Desember 2021, jadi jangan sampai dilewatkan. Jika masih bingung akan cari alat olahraga di rumah, berikut adalah rekomendasinya.

1. Tali Skipping

Olahraga yang murah meriah dan bisa dilakukan di mana saja, salah satunya skipping atau lompat tali. Meski terlihat sederhana, namun olahraga ini benar-benar efisien dan membuat keringat bercucuran.

Harga dari tali skipping ini sendiri murah meriah, mulai dari Rp 10.000-an saja. Anda bisa memilih bahan yang digunakan, tentunya semakin bagus kualitasnya harga akan menyesuaikan.

2. Dumbbell

Rekomendasi alat olahraga lainnya adalah dumbbell yang memiliki banyak ukuran. Ada yang ukurannya 0,5 kg sampai dengan 10 kg.

Tidak hanya ukurannya yang bervariasi, bentuk dan warnanya pun juga beragam. Secara rutin melakukan angkat beban kecil-kecilan dengan dumbbell, bisa mengencangkan otot tangan sampai dengan payudara.

3. Matras Yoga

Yoga merupakan olahraga yang memiliki segudang manfaat. Mulai dari mengurangi stres, menurunkan berat badan sampai dengan memperbaiki postur tubuh. Jenis yoga pun juga beragam, Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

Supaya yoga yang dilakukan semakin mini cedera, Anda bisa membeli matras. Dengan begitu, yoga bisa dilakukan di mana saja, dalam rumah atau halaman.

4. Bola Fitness

Pilihan lainnya adalah bola fitness atau yang lebih familiar disebut dengan gym ball. Banyak gerakan olahraga yang lebih mudah dilakukan dengan bantuan gym ball.

Mulai dari melipat lutut, plank, push up, dan juga ball crunch. Bagi para ibu hamil pun juga bisa menggunakan alat ini, namun tentu saja harus selalu berhati-hati.

5. Resistance Band

Bentuk dari resistance band ini cukup beragam, ada yang tipe tube, flat (loop) dan juga bentuk inovatif. Sejatinya, ini merupakan alat berbentuk tali elastis yang melatih kekuatan otot.

Bisa dimanfaatkan untuk melatih kekuatan otot tangan, paha, dan juga kolaborasi keduanya. Karena tidak membutuhkan ruangan yang besar, Anda bisa melakukan olahraga dengan resistance band di mana saja. Bahkan saat berada di kendaraan.

6. Kettlebell

Jika merasa bosan dengan dumbbell saat melatih tubuh bagian atas, Anda bisa memilih alternatif alat olahraga lain, yakni kettlebell.

Ini merupakan sebuah bola beban yang memiliki pegangan, beratnya sendiri mulai dari 8 kg sampai dengan 40 kg. Untuk beratnya, Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan. Cara penggunaanya, bisa diangkat seperti biasa atau diayunkan ke depan belakang.

7. Tummy Trimmer

Ada banyak manfaat yang didapatkan dari menggunakan tummy trimmer, mulai dari memperbaiki postur tubuh sampai mengencangkan pinggul.

Tidak sedikit yang menggunakan alat ini untuk mengecilkan perut. Bentuknya tidak terlalu besar, bisa dibawa ke mana-mana. Ringan dan dapat dimasukkan ke tas punggung juga.

8. Foam Roller

Ada banyak tipe foam roller, mulai low density, medium density, tipe firm, short, sampai dengan bumpy. Setiap tipe tersebut memiliki kegunaan masing-masing.

Misalnya saja tipe bumpy foam roller memiliki manfaat untuk meregangkan otot-otot yang kaku dengan lebih cepat.

Anda bisa memilih jenis yang paling sesuai dengan kebutuhan. Ukurannya juga bisa dipilih, jika ingin memiliki alat yang bisa dibawa-bawa, ambil yang ukuran kecil.

9. Ab Wheel

Ab wheel atau ab roller merupakan alat olahraga yang memiliki bentuk roda yang dilengkapi dengan pegangan di kedua sisinya. Cara penggunanya digunakan maju mundur dalam kondisi tengkurap.

Manfaat yang bisa didapatkan dari menggunakan ab wheel ini adalah memperkuat berbagai otot inti tubuh, baik itu tangan, perut, dan punggung.

10. Slider Disk

Bentuk dari slider disk ini adalah pipih dan bulat yang dimanfaatkan melatih tubuh bagian bawah. Bentuknya pipih bisa digunakan di karpet, lantai, dan lainnya.

Penggunaan slider disk ini akan mengurangi gesekan antara tubuh dan permukaan, sehingga memudahkan proses olahraga. Ukuran slider disk ini juga tidak terlalu besar, Anda bisa membawanya ke berbagai tempat.

Itulah 10 alat olahraga di rumah yang bisa Anda jadikan referensi. Karena sekarang sudah bisa beli secara online, langsung pesan saja jika dirasa membutuhkan.

Shopee jadi tempat yang cukup direkomendasikan, karena sudah ada Shopee Cash On Delivery yang dapat dilakukan di banyak wilayah di Tanah Air.(*)

Update