Sabtu, 28 Desember 2024

WhatsApp API dari Mekari Qontak, Sebuah Inovasi Berbisnis di Era Digital

Berita Terkait

batampos-Tren berbelanja online maupun bisnis digital makin digemari oleh pelaku bisnis maupun konsumen di Indonesia. Tren go digital tentu juga dipengaruhi oleh perilaku konsumen yang turut bergeser setiap harinya. Studi dari McKinsey menyebutkan sebanyak 80% responden memiliki perilaku konsumen yang baru dan setengahnya telah menggunakan saluran baru dalam berbelanja.

Hal tersebut juga didorong dengan adanya perubahan aktivitas konsumen yang semakin go digital untuk memenuhi kebutuhannya. Salah satu sistem yang populer di kalangan pebisnis saat ini adalah WhatsApp API. Data dari Hootsuite mencatat bahwa sekitar 61,8% penduduk Indonesia menggunakan media sosial, dengan penggunaan WhatsApp dan Instagram di posisi tiga teratas sebagai media sosial yang paling banyak digunakan.

WhatsApp (WA) kini menjadi platform yang paling banyak digunakan oleh masyarakat
Indonesia, sehingga banyak bisnis yang memanfaatkan WhatsApp API sebagai media
pemasaran dan promosi.

WhatsApp Business API adalah platform yang dapat digunakan oleh bisnis untuk melakukan interaksi dengan pelanggan dalam skala besar serta dapat diintegrasikan dengan aplikasi lain seperti CRM dan Omnichannel.

Pemasaran lewat sosial media juga lebih mudah diakses, hemat biaya serta memberikan
jangkauan yang lebih luas. Kegiatan layanan pelanggan juga perlahan mulai berpindah dari
telepon langsung menjadi menggunakan pesan singkat (chat).

“WhatsApp Business memiliki peran penting dalam pemasaran yakni menarik perhatian
pelanggan. Sehingga wajar jika API WhatsApp dinilai cukup efektif untuk meningkatkan
penjualan, pemasaran, hingga pelayanan pelanggan” ujar Brendan, SVP Growth Marketing
Mekari.

Untuk meningkatkan pelayanan dan mempermudah kegiatan bisnis melalui WhatsApp API ini, diperlukan sistem aplikasi yang dapat mengintegrasikan berbagai saluran media sosial ke dalam satu aplikasi. Sistem ini disebut dengan Omnichannel CRM (Customer Relationship Management).

Aplikasi omnichannel CRM Mekari Qontak mengintegrasikan berbagai media sosial maupun
email kedalam satu aplikasi sehingga membantu agen customer service atau pelaku bisnis
bekerja lebih terkoordinasi. Mekari Qontak merupakan perusahaan Omnichannel CRM nomor 1 di Indonesia yang juga merupakan Mitra Bisnis Resmi dari WhatsApp Business API

Lalu apa saja keuntungan dari WhatsApp Business API?
1. Hanya dengan satu akun bisnis bisa menangani pelanggan sekaligus hanya dengan
satu nomor WhatsApp (WhatsApp multiple device)
2. Kirim Broadcast WA secara cepat, tanpa limitasi, dan otomatis
3. Kirim pesan WhatsApp blast tanpa takut terblokir
4. Integrasi dengan sistem CRM yang mampu meningkatkan pengalaman pelanggan
5. Dilengkapi Chatbot untuk merespon dan membalas pesan pelanggan secara otomatis
6. Mendapatkan centang hijau WhatsApp sehingga terverifikasi resmi dan meningkatkan
kredibilitas di mata pelanggan
7. Keamanan yang terjamin karena dilengkapi dengan sistem enkripsi end-to-end yang
menjaga kerahasiaan data pengguna WhatsApp serta tersertifikasi ISO 27001.

Lebih dari 3000 bisnis termasuk Ajinomoto, Glints Indonesia, Telkom Indonesia, iPot Sekuritas, serta Alodokter sudah mempercayakan bisnisnya pada Mekari Qontak. Otomatisasikan  bisnismu bersama Mekari Qontak sebelum ketinggalan. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi tim Mekari Qontak melalui website Qontak.com dan dapatkan akun demo gratis! (*)

BACA JUGA: 1 Grup WhatsApp Bisa 512 Pengguna

Baca Juga

Update