Senin, 27 Juni 2022

Usai Lebaran, Hati-Hati Masalah Kesehatan ini Mudah Terjadi

Berita Terkait

 

Hari kemenangan tiba, semua umat muslim merayakan Idulfitri dengan sukacita. Perayaan hari raya Idulfitri atau Lebaran tentu tidak lengkap tanpa menyantap beragam hidangan bersantan, berlemak, tinggi gula dan tinggi kalori. Jika berlebihan, makanan-makanan khas lebaran ini dengan mudahnya akan menimbulkan masalah kesehatan pada tubuh.

Beberapa masalah kesehatan yang perlu diwaspadai terjadi setelah Lebaran diantaranya adalah meningkatnya kadar gula darah akibat berbagai kue kering hingga minuman manis. Hal ini patut menjadi perhatian bagi orang penyandang status pre-diabetes atau yang memiliki riwayat keluarga diabetes.

Selain itu, waspada kenaikan berat badan yang tidak terkontrol setelah Lebaran usai. Hindari agar tidak berkembang menjadi obesitas yang kerap dikaitkan dengan berbagai penyakit mematikan seperti hipertensi, stroke, gangguan jantung, diabetes, maupun kanker. Imbangi asupan kalori yang masuk dengan melakukan olahraga.

Makanan tinggi lemak jenuh juga dapat meningkatkan kolesterol dan kadar lemak dalam darah. Masakan khas Lebaran yang dihidangkan dengan dimasak berulang-ulang bisa menyebabkan lemak jenuh makin tinggi. Kombinasikan makanan tinggi lemak dengan sayur dan buah-buahan agar kadar kolesterol tidak meningkat drastis.

Perhatikan juga porsi makanan Anda saat Lebaran, tidak perlu berlebihan agar tidak menimbulkan masalah lain seperti masalah pencernaan, radang tenggorokan, batuk hingga flu. Walaupun terkesan masalah kesehatan ringan, namun tentu kita tidak ingin sakit selepas Lebaran, bukan? Imunitas yang kuat tetap menjadi kunci utama dimasa pandemi ini.

Jangan biarkan moment-moment bersama keluarga saat dan setelah hari raya terganggu karena gangguan kesehatan. Pastikan kondisi tubuh Anda selalu dalam keadaan prima dengan melakukan pemeriksaan kesehatan berkala. Dalam rangka merayakan hari kemenangan Idulfitri, Prodia memberikan keringanan biaya 20% untuk paket pemeriksaan Panel ProHealthy Mubarak dan pemeriksaan Prodia PULS Cardiac Marker selama 1 hingga 31 Mei 2022.

Pemeriksaan-pemeriksaan yang ada dalam Panel ProHealthy Mubarak terdiri dari Hematologi Lengkap, Cholesterol Total, Cholesterol LDL Direk, Cholesterol HDL, Trigliserida, GOT, GPT, Glukosa Puasa, Asam Urat, Ureum, Kreatinin, Urine Rutin, hingga HbA1c, Apo B, hs-CRP, Cystatin C, Expanded Lipid Profile. Semua pemeriksaan ini meliputi pemeriksaan untuk mengetahui kondisi darah, kolesterol, kondisi gula, asam urat, kondisi jantung, dan ginjal. Sedangkan Prodia PULS Cardiac Marker adalah pemeriksaan yang dapat membantu mengidentifikasi risiko seseorang terhadap serangan jantung dalam 5 tahun kedepan meskipun tanpa adanya tanda atau gejala sebelumnya.

Pemeriksaan kesehatan Panel ProHealthy Mubarak bertujuan agar para masyarakat yang telah berpuasa selama Ramadan dapat memastikan bahwa kondisi kesehatannya benar-benar baik menjelang maupun setelah hari raya. Mari pantau status kesehatan Anda, rayakan Idulfitri dengan sukacita dan tubuh sehat terjaga. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Kontak Prodia 1500-830 atau kunjungi www.prodia.co.id.(adv)

Update