Selasa, 5 Desember 2023

U2 Kembali Bawakan Lagu dari Album Achtung Baby, Konser Next Level di The Sphere

Berita Terkait

U2 (Helena Christensen/NME)

batampos – U2 kembali membawakan lagu dari Album Achtung Baby di Konser Next Level di The Sphere. U2 menjadi penampil pertama di The Sphere, venue baru di Las Vegas. Konser itu merupakan penampilan pertama dari total 25 show residensi mereka di kota berjuluk Sin City tersebut.

Langit malam, lanskap kota imajiner, hingga bayangan hewan mitologi mengiringi para penonton konser U2:UV Achtung Baby Live at Sphere pada Jumat (29/9) waktu setempat. Tak hanya sajian musik, konser jadi semakin next level berkat efek visual tiga dimensi di area venue.

Gambar dan efek beresolusi 16K itu terlihat bergerak-gerak di sepenjuru ruangan sesuai lagu atau irama musik. Membuat penonton berdecak kagum karena merasa masuk ke dalam atmosfer musik U2. Apalagi, ada 167 ribu pelantang yang mengamplifikasi suara musik dan vokal.

Sesuai titel konser, band asal Irlandia tersebut membawakan delapan lagu dari album Achtung Baby, yang rilis 32 tahun lalu. Penampilan lalu dilanjutkan dengan beberapa segmen. Di salah satunya, U2 menyanyikan lagu-lagu dari legenda musik lintas genre. Seperti Love Me Tender milik Elvis Presley; hit Prince Purple Rain; serta My Way, lagu legenda jazz Frank Sinatra. Total, ada 22 lagu yang dibawakan band tersebut.

Baca juga:Ini Langkah Perawatan Kulit saat Polusi Udara 

Di encore, U2 juga untuk kali pertama membawakan Atomic City, single pertama mereka di 2023. Kebetulan, momen rilis lagu tersebut juga bertepatan dengan hari pertama konser residensi U2:UV. Yang spesial, mereka menutup panggung dengan Beautiful Day, yang disambung dengan medley lagu The Beatles Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band (Reprise) dan Blackbird. Di akhir lagu Desire, gitaris The Edge juga sempat memainkan melodi dari Love Me Do.

Vokalis Bono menyatakan, penampilan itu didedikasikan untuk Paul McCartney yang hadir di konser saat itu. ’’Macca is in the house tonight... Paul McCartney di sini. Ketahuilah, kami mencintaimu dan banyak mencuri lagumu,’’ ungkapnya.

McCartney memberikan pujian selangit buat U2, konser U2:UV, serta The Sphere. ’’U2, tak perlu diragukan lagi, adalah salah satu band rock terbesar yang pernah ada dan ini (The Sphere) adalah salah satu –dan mungkin satu-satunya– venue acara musik terbaik di planet ini. Aku benar-benar terpana,’’ ungkap musisi yang baru saja menjalankan tur bersama U2 itu dalam wawancara setelah konser pada Billboard.

James Dolan, salah satu pejabat eksekutif Madison Square Garden, menyatakan, ide The Sphere dia kembangkan bersama CEO MSG Ventures David Dibble. Dolan menyatakan, dia dan Dibble ingin menciptakan gebrakan di ruang pertunjukan di Las Vegas. Struktur kubah sferis pun dipilih, setelah sebelumnya menjajal bentuk boks dan bahkan piramida.

’’Ini adalah medium yang baru. Saat berada dalam The Sphere dan menyaksikan sekeliling, kalian bisa memutuskan ingin menonton yang mana. Tidak ada titik fokus tertentu,’’ ujarnya dalam event media pertengahan pekan lalu jelang pembukaan venue. The Sphere dikitari 15 ribu meter persegi layar LED dengan resolusi 18K, serta 166 ribu speaker. (*)

Reporter: jpgroup

Update