Kamis, 8 Desember 2022

Tips Pilih Sofa Berkualitas 

Berita Terkait

Ini Tips Menghindari Lowongan Kerja Palsu

Tips Liburan Akhir Tahun

ILUSTRASI: Sofa di dalam rumah. f. TACO

batampos – Tips memilih sofa–Sofa jadi salah satu elemen penting pada sebuah ruang tamu. Tak hanya berfungsi untuk menjamu para tamu yang datang, sofa juga akan mempercantik tampilan ruang tamu Anda. Itu sebabnya, Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih sofa. Nah, mengingat usia pemakaian yang cukup lama dan harganya yang tak murah, Anda tentu perlu jeli dalam memilih sofa terbaik.

Dilansir dari informa.co.id, ada beberapa tips memilih sofa yang perlu ketahui. Agar bisa mendapatkan sofa terbaik yang sesuai dengan kebutuhan, berikut ulasannya.
Perhatikan Rangka

Tips memilih sofa yang pertama adalah memperhatikan rangka dari produk yang Anda pilih. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni material dan konstruksi rangka. Perlu diketahui bahwa umumnya rangka yang digunakan untuk menopang sofa dibuat menggunakan material kayu yang membuatnya kokoh dan tahan lama.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan konstruksi rangka yang digunakan. Hindari rangka yang disatukan dengan menggunakan baut dan lem yang menyatukan dua buah kayu menjadi satu. Metode ini akan membuat rangka rentan patah.

Pemilihan Material yang Baik
Pemilihan material yang baik jadi tips memilih sofa berikutnya yang perlu Anda tahu. Sofa biasanya terbuat dari berbagai material, mulai dari fabric, nilon, atau kulit imitasi. Sofa yang terbuat dari material kulit umumnya punya kualitas yang baik dan banderol harga yang cukup tinggi.

Namun, jika Anda ingin membeli sofa terbaik dengan bujet yang terbatas, sofa yang menggunakan material fabric bisa jadi pilihan yang tepat. Tak hanya lebih murah dibanding kulit, sofa yang terbuat dari fabric juga lebih nyaman saat digunakan karena lebih sejuk.
Tidak berhenti sampai di situ, Anda juga perlu memperhatikan isi dari sofa yang hendak Anda beli. Pastikan Anda memilih isi sofa atau busa yang tidak mudah kempis sehingga awet digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Sesuaikan Ukuran Sofa dengan Ruangan
Selain memperhatikan rangka dan pemilihan material yang digunakan, Anda juga wajib menyesuaikan ukuran sofa dengan ruangan di rumah Anda. Pastikan Anda sudah lebih dulu mengukur luas ruangan terlebih dahulu. Sebab, bisa saja sofa yang Anda pilih dan beli punya ukuran yang terlalu besar atau bahkan terlalu kecil saat ditempatkan di ruang tamu Anda, sehingga membuatnya terlihat tidak proporsional.

Periksa Ketinggian dan Kedalaman Sofa
Tips memilih sofa yang berikutnya adalah memeriksa ketinggian dan kedalaman sofa yang Anda incar. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mencobanya dan mendudukinya langsung. Pastikan bahwa telapak kaki Anda bisa menyentuh lantai dan tidak menggantung saat duduk di sofa incaran.

BACA JUGA: Void dan Skylight Optimalkan Prinsip Rumah Reduksi 

Selain itu, kedalaman sofa juga harus bisa menampung seluruh badan Anda. Pastikan bahwa sofa ini cocok dengan tubuh Anda, ya.

Pilih Model Sofa yang Sesuai dengan Selera
Perlu Anda ketahui bahwa ada banyak model sofa yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera. Beberapa model sofa yang bisa Anda pilih adalah model dua tempat duduk, corner sofa, hingga sofa bed multifungsi yang bisa juga digunakan sebagai kasur untuk keperluan tertentu. Meski terkesan sepele, nyatanya tips memilih sofa yang satu ini berguna juga untuk menyesuaikan tema yang Anda usung para ruangan di rumah Anda.

Nah, salah satu model sofa yang bisa Anda pilih adalah Beckley 2-Seater Sofa. Salah satu sofa terbaik dari Informa ini hadir dengan dimensi 159x84x83 cm yang bisa membuat waktu bersantai Anda jadi lebih menyenangkan. (*)

Reporter: JP Group

Update