Kamis, 18 April 2024

Tips Merawat Rambut dan Cara Mengaplikasikan Pelembap Agar Bekerja Maksimal

Berita Terkait

Tips Mengatasi Anak yang Mengalami Tantrum

Peradangan Gusi Bisa Diobati di Rumah

Terapkan Cara Melembapkan Rambut Sesuai dengan Jenis Rambut / Sumber : Freepik

batampos – Tubuh manusia secara alami memberikan kelembaban pada rambut melalui kelenjar sebaceous yang melepaskan sebum di kulit kepala, kemudian menyebar dari kulit kepala ke seluruh helai rambut.

Dilansir dari Healthline, sistem pelembapan alami mungkin bekerja tidak efektif. Hal ini disebabkan oleh kelenjar minyak yang kurang aktif karena faktor genetik atau usia.

Keramas secara berlebihan, penggunaan hair styling secara berlebihan, jenis dan panjang rambut juga dapat menghambat sebum agar tidak bisa menyebar ke rambut dengan cepat sehingga dapat menyebabkan rambut menjadi kering.

Setelah mengetahui jenis rambut dan tingkat kelembapan rambut, ikuti saran atau tips di bawah untuk membantu memulai proses perawatan.

Cara Melembapkan Rambut Kering

Rambut keriting adalah jenis rambut yang paling rentan terhadap kekeringan karena sebum di kulit kepala memerlukan waktu lebih lama untuk mencapai seluruh keriting. Pencucian berlebih dan penguunaan hair styling yang berlebihan dapat memperburuk kondisi tersebut.

Untuk merawat rambut keriting yang kering, disarankan menggunakan sampo dan kondisioner yang memiliki kandungan pelembap dalam jumlah besar. Pilih produk yang mengandung minyak nabati seperti alpukat, almond, argan, zaitun, monoi, dan kelapa.

Minyak-minyak tersebut dapat membantu mengunci kelembapan. Selain itu, juga dapat menggunakan minyak-minyak ini secara langsung sebagai masker rambut seminggu sekali.

Selain itu, disarankan untuk menggunakan masker rambut sekali seminggu guna mengembalikan kelembapan.

Serta gunakan semprotan pelindung panas sebelum menggunakan alat pemanas pada rambut.

Cara Melembapkan Rambut Halus

Rambut halus kurang rentan terhadap kekeringan karena sebum yang dimiliki rambut jenis ini lebih banyak peluang untuk menyebar ke seluruh helai rambut.

Jika menggunakan pewarna rambut, alat pemanas, atau mencuci rambut terlalu sering, akan membuat rambut menjadi kering. Beberapa bahan alami yang mungkin cocok untuk merawat rambut halus yakni minyak jojoba dan minyak lavender.

Disarankan menggunakan sampo dan kondisioner yang ringan dan dibuat khusus untuk rambut halus.

Selain itu, disarankan untuk hanya melembapkan ujung rambut Anda. Serta menggunakan kondisioner pada kulit kepala yang sudah berminyak akan membuat rambut terasa lebih berat.

Baca Juga: Rambut Kering Ganggu Penampilan? Simak 10 Tips Merawatnya Agar Kembali Sehat

Cara Melembapkan Rambut yang Beruban

Rambut yang matang dan beruban cenderung lebih kering karena proses penuaan alami yang memperlambat aktivitas kelenjar sebaceous.

Gunakan sampo dan kondisioner untuk membantu mengembalikan kelembapan yang hilang, dan pakai semprotan pelembap tanpa dibilas. Serta kurangi mencuci rambut dalam seminggu juga dapat membantu mencegah kekeringan berlebihan.

Cara Mengaplikasikan Pelembap pada Rambut

Sebelum menggunakan kondisioner atau masker pelembap, disarankan untuk mengaplikasikan produk pada ujung rambut terlebih dahulu, kemudian secara perlahan ke bagian tengah helai rambut.

Jika kulit kepala sangat kering disarankan tidak mengaplikasikan pelembap. Sebaiknya mengaplikasikan pelembap pada rambut yang basah, sehingga memungkinkan helai rambut menyerap produk dengan baik.

Meskipun dapat menggunakan beberapa kondisioner tanpa dibilas dan kondisioner harian setiap hari, lebih baik menggunakan yang lebih dalam sekali seminggu.

Untuk hasil terbaik, biarkan masker rambut atau minyak pada rambut selama maksimal 20 menit. Bilas dengan air dingin atau hangat saja. Hindari mencuci rambut dengan air panas, karena hal ini dapat menyebabkan kerusakan dan kekeringan lebih lanjut. (*)

Reporter: JP Group

Update