Minggu, 27 November 2022

Tips Memasang Lukisan di Rumah, untuk Ruang Tamu, Pilih Warna Teduh

Berita Terkait

Koleksi Lukisan di Indonesia Art Festival (In-Art) 2022. (dok. Panitia)

batampos – Memasang lukisan di rumah selain bisa untuk dekorasi juga menjadi daya tarik ruangan. Selain itu lukisan juga memiliko nilai investasi.

Lukisan juga dapat bernilai investasi. Harganya dapat menjulang dalam beberapa tahun ke depan.

Jika lukisan itu dikoleksi oleh bangsawan atau konglomerat dan pejabat, maka ketika dijual, harganya akan lebih tinggi lagi. Ada nilai gengsi tersendiri saat membeli lukisan yang pernah dimiliki tokoh.

Harga lukisan tidak dapat terprediksi. Dari mulai keruwetannya, dan juga siapa yang memiliki lukisan itu, dapat menjadi nilai investasi hingga harganya tinggi.

Seniman dari Tangerang Dwi Samuji mengatakan untuk penikmat seni, fungsi lukisan di rumah dapat membuat ruangan lebih indah dan cantik sehingga membuat mata lebih nyaman. Koleksi lukisan bersifat abadi dan jangka panjang.

“Mau bikin ruangan tambah indah dengan menaruh lukisan di dinding. Ruangan keren lebih keren lagi. Bagus belum tentu keren,” ungkap Dwi dalam Indonesia Art Festival (In-Art) 2022 di Grand ITC Permata Hijau, Jakarta Selatan.

Baca juga: Pohon Kayu Putih, Percantik Ruangan Sekaligus Pengusir Nyamuk

Berikut tips memasang lukisan di dalam rumah:

1. Kamar tidur

Untuk di kamar tidur, lukisan yang dipilih sebaiknya dengan warna-warna yang cerah. Tujuannya agar saat bangun tidur, seseorang akan lebih semangat.

2. Ruang Tamu

Ketika di ruang tamu, sebaiknya memilih lukisan dengan warna yang teduh. Hal itu dapat membuat para tamu yang datang merasa lebih nyaman. Objeknya dapat berupa alam, pemandangan, bunga, hewan, dan lainnya.

3. Ruang makan

Untuk pemilihan lukisan di ruang makan, objek-objek yang dipilih juga harus disesuaikan. Misalnya buah-buahan, makanan dan minuman, serta objek yang dapat menambah selera makak serta tidak menurunkan selera makan.

”Apapun objeknya, warna sangat berpengaruh dan menentukan,” katanya.

Pada 10 – 24 November 2022, para pelukis dan seniman instalasi dari Jakarta, Jawa Timur, Bali, dan Jawa Tengah yang tergabung dalam Perkumpulan Seniman Nasional Indonesia (PESONA) menghadirkan berbagai karya mereka.

”In-Art 2022 merupakan bentuk apresiasi terhadap hasil kreativitas seniman. Ajang pertemuan pegiat dan pecinta seni ini juga bertujuan untuk membangkitkan kembali ekonomi kreatif dan seni budaya di Indonesia,” kata pembina PESONA, Karya Indah kepada wartawan baru-baru ini. (*)

Reporter : JPGroup

 

Update