Sabtu, 4 Februari 2023

Tips Liburan Akhir Tahun

Berita Terkait

Tips Mengolah Daging Lebih Sehat

Antikanker dalam Rendaman Jamur Reishi

Ilustrasi (Pixabay)

batampos – Sudah jadi kebiasaan bagi warga Indonesia atau warga mana pun bahwa di aAkhir tahun adalah momen yang paling dinantikan untuk traveling. Liburan di periode akhir tahun membutuhkan persiapan yang lebih matang, baik dari segi alokasi budget, logistik, kesehatan diri hingga rencana perjalanan.

Hal ini mengingat momen akhir tahun merupakan high season dan destinasi tujuan cenderung lebih ramai dibandingkan low season.

Bagi yang sedang mempersiapkan traveling di akhir tahun, berikut delapan tips yang bisa Anda lakukan agar momen liburan tetap aman, nyaman, dan terjangkau, berdasarkan keterangan resmi Pegipegi, Senin.

BACA JUGA: Self Healing Bukan Sekadar Liburan

Tentukan jadwal perjalanan
Hal ini merupakan aspek krusial yang patut Anda lakukan ketika ingin traveling di akhir tahun. Pastikan kapan dan berapa lama Anda melakukan perjalanan.

Bagi Anda yang bekerja, perlu mengajukan cuti yang harus disampaikan ke perusahaan. Selain itu, dengan menentukan jadwal perjalanan, Anda memiliki perkiraan waktu yang jelas dalam mempersiapkan perjalanan, mulai dari budget, memesan akomodasi dan tiket transportasi, menyusun itinerary hingga merapikan perlengkapan dan bekal perjalanan.

Jaga kondisi kesehatan
Liburan dalam kondisi tidak fit akan membuat pengalaman traveling Anda tidak nyaman. Oleh karena itu, pastikan menjaga kesehatan tubuh menjelang dan selama perjalanan.

Jaga pola konsumsi makan dan minum yang sehat dan bergizi; istirahat yang cukup; dan lakukanlah olahraga ringan, seperti jogging. Dengan menjaga kesehatan, stamina Anda tetap terjaga dan momen liburan pun bisa berlangsung lebih lancar.

Persiapkan budget liburan
Traveling menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk melepas penat dari rutinitas. Namun, Anda harus memastikan momen liburan tidak berakhir buruk karena budget yang dikeluarkan ternyata menguras tabungan.

Alokasikan budget sesuai kemampuan dan kebutuhan ke dalam beberapa pos anggaran, seperti transportasi, penginapan, makanan, tiket masuk atraksi atau wahana hingga belanja oleh-oleh.

Tentukan destinasi liburan
Kumpulkan informasi selengkap mungkin dari internet, media sosial, dan sumber lainnya dalam menentukan tujuan liburan Anda. Pastikan destinasi kota atau negara yang Anda kunjungi memiliki biaya hidup yang sesuai dengan alokasi budget yang sudah ditentukan.

Anda juga bisa mencari tahu berbagai objek wisata di lokasi tujuan. Untuk menghemat budget, ada cukup banyak destinasi terbaik dengan harga tiket masuk yang terjangkau bahkan gratis.

Jangan lupa untuk menggali informasi seputar akomodasi terdekat, cara menuju tempat wisata yang dipilih, berapa biaya transportasi yang harus dikeluarkan, hingga harga tiket masuk ke tempat-tempat wisata yang ingin dikunjungi.

Pesan akomodasi dan tiket transportasi lebih awal
Harga akomodasi dan tiket transportasi jelang liburan akhir tahun lebih mahal dibandingkan periode biasa.

Pegipegi mencatat rata-rata kenaikan harga hotel saat high season yaitu 15 persen lebih mahal dibandingkan low season. Sedangkan untuk tiket transportasi liburan akhir tahun, seperti pesawat, diprediksi bakal meningkat sekitar 10 hingga 20 persen.

Periode November hingga awal Desember merupakan momen terbaik bagi Anda untuk memesan akomodasi dan tiket transportasi agar lebih terjangkau. Dengan memesan sejak awal, Anda bisa menghemat budget 15–35 persen untuk akomodasi dan 10–20 persen untuk tiket transportasi. (*)

reporter: antara

Update