Kamis, 25 April 2024

Synchronize Fest 2023 Pertemukan Bimbo dan Yanti Bersaudara

Berita Terkait

Sam Bimbo (Fredrick Tarigan/Jawa Pos)

batampos – Festival musik Synchronize Fest kembali diselenggarakan untuk kali ke-7. Tahun ini Synchronize Fest masih konsisten menampilkan musisi-musisi lokal legendaris maupun baru. Mengusung tema Bhinneka Tunggal Musik, Synchronize Fest 2023 menghadirkan 167 penampil.

Beberapa di antaranya akan berkolaborasi lintas generasi dan genre yang menarik. Salah satunya Bimbo bersama Yanti Bersaudara yang masuk 12 special show. Mereka akan menjadi penampil tertua sepanjang Synchronize Fest digelar.

Director of Festival David Karto menuturkan alasan pihaknya menggaet dua musisi legendaris tersebut. ’’Ini superspesial karena mereka juga performer yang kiprahnya paling lama. Selain legendaris, mereka masih aktif. Tahun ini Bimbo sudah 52 tahun,” ucapnya saat konferensi pers di M Bloc Space, Selasa (25/7).

Baca juga:Istri Mario Teguh Akui Terima Transfer Uang dari Pelapor, Kerja Sama Produk Skincare

Menurut dia, Bimbo memang layak mendapat tempat di Synchronize Fest. Sebab, lagu-lagu mereka masih diapresiasi para penikmat musik sampai saat ini. Pihaknya juga ingin menunjukkan bahwa grup band yang terdiri atas Sam, Acil, dan Jaka itu bukanlah sebuah band religi. ’’Menariknya, karena dalam beberapa dekade terakhir Bimbo terkenal dengan materi Islamnya. Padahal, Bimbo memulai sebagai band pop, Latin, folk, dan pop Sunda,” papar David.

Dalam kesempatan yang sama, Raden Muhamad Syamsudin Dajat Hardjakusumah alias Sam Bimbo mengaku sangat antusias bisa tampil di Synchronize Fest. Apalagi bareng Yanti Bersaudara. Sebab, menurut dia, kesempatan itu menjadi salah satu bukti bahwa Bimbo masih dihargai sekaligus diminati publik. ’’Ini sangat mengejutkan buat kami. Bimbo berdiri sejak 1967 dan banyak yang bilang kami musisi religi. Sebetulnya musik religi kami hanya 200, sedangkan yang popnya 600,’’ jelas Sam.

Selain itu, ada aksi ciamik dari Soneta x Dipha Barus. Aldila Jelita selaku director of communication menuturkan bahwa itu bukanlah kali pertama mereka tampil bareng. Sebelumnya, Soneta dan Dipha pernah beraksi di Synchronize Fest 2020 yang digelar secara daring. ’’Memang dari dulu penginnya menghadirkan sesuatu yang baru, lintas generasi dan genre. Cuma waktu itu mereka nyanyi satu lagu. Nah, sekarang akan lebih banyak,’’ jelas Dila.

Perbedaan lainnya, di event tahun ini, penampilan mereka akan dipimpin Rhoma Irama. Synchronize Fest 2023 akan digelar selama tiga hari pada 1–3 September di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta. Festival tersebut juga dimeriahkan musisi ternama lainnya seperti Melly Goeslaw Songbook (feat BBB, Anda Perdana, dan Eric Erlangga), Selangkah Keseberang: Dekade Fariz RM ’79-’89, Konser Petualangan Sherina (Jakarta Movin, Isyana Sarasvati, Yura Yunita, dan Reza Chandika), Republik Cinta Manajemen (TRIAD, Mulan Jameela, dan Mahadewi), Noah, BCL, D’Masiv, Project Pop, serta JKT48 bersama ex member Gen 1. (*)

Reporter: jpgroup

Update