Minggu, 27 November 2022

Sering Sakit Punggung, Cek Posisi Tidur

Berita Terkait

Ilustrasi merasakan sakit di area leher dan punggung bisa karena salah posisi tidur (Pixabay)

batampos – Sering sakit punggung, coba cek posisi tidur Anda. Penelitian melaporkan ada korelasi sederhana antara sakit punggung dan posisi tidur.

Peneliti terkemuka soal tidur Universitas Stanford, William Dement, mengatakan saat mengeluhkan rasa nyeri apakah posisi tidur kita sudah benar? Kebanyakan orang lebih suka tidur miring.

”Ini bagus untuk didengar, karena yang berbaring telentang cenderung kurang tidur atau mengalami kesulitan bernapas di malam hari. Dalam kebanyakan kasus, kita cenderung banyak bergerak di malam hari,” jelasnya.

Satu studi terhadap 664 orang yang tidur menemukan rata-rata bahwa peserta menghabiskan sekitar 54 persen waktu mereka di tempat tidur dengan tidur miring, sekitar 37 persen telentang, dan sekitar 7 persen tangan di depan mereka.

Baca juga: Ini Trik Agar Anak Suka Air Mineral

Jika Anda merasa tidak dapat bergerak karena pasangan menempati terlalu banyak ruang di tempat tidur, pertimbangkan untuk berpindah sisi atau mendapatkan tempat tidur yang lebih besar.

“Menjadi nyaman adalah kuncinya. Tidak ada penelitian berkualitas yang memberikan bukti jelas untuk posisi tidur yang optimal,” kata Associate Professor Sains & Kedokteran, Universitas Bond dan Charlotte Phelps, Mahasiswa PhD, Universitas Bond, Christian Moro, seperti dilansir dari Science Alert, Jumat (30/9).

Idealnya, kita dapat menemukan posisi yang membantu kita mendapatkan tidur malam yang nyenyak dan posisi yang membuat kita tidak terbangun dengan rasa sakit apa pun. Dalam sebuah penelitian, orang yang beristirahat dalam posisi di mana ada rotasi tulang belakang (seperti posisi samping dan miring), terbangun lebih banyak rasa sakit di pagi hari.

Baca juga: Menjaga Jarak Kehamilan Itu Penting

Bantal Apa yang Harus Dipilih?

Memilih bantal yang tepat juga sangat penting untuk tidur malam yang nyenyak. Kurangnya dukungan untuk kepala dan leher selama tidur telah terbukti sangat mempengaruhi keselarasan tulang belakang, dan menyebabkan masalah otot seperti nyeri leher, nyeri bahu, dan kekakuan otot.

Bentuk dan tingginya adalah yang terpenting. Bantal berbentuk U dapat membantu memiliki tidur malam yang lebih lama, dan bantal berbentuk gulungan dapat mengurangi nyeri pagi dan nyeri sebelum tidur pada mereka yang menderita nyeri kronis.

Tips Lain untuk Tidur Malam yang Nyenyak

Atur suhu ruangan yang lebih dingin. Suhu ideal untuk tidur adalah 18,3°C (berkisar antara 15-19°C). Suhu yang lebih tinggi dapat mempengaruhi tidur. Biarkan aliran udara di dalam ruangan. Selain membawa udara segar yang bagus, itu juga membersihkan semua panas yang terkumpul, membuat kita tetap nyaman dan sejuk di malam hari. (*)

Reporter : JPGroup

Update