Senin, 24 Juni 2024

Selalu Waspada Menggunakan Paylater, agar Tidak Menimbulkan Masalah Keuangan

Berita Terkait

SESUAIKAN KEBUTUHAN: Pengguna e-commerce memanfaatkan opsi paylater. Sebelum menggunakannya, konsumen harus memahami kontrak perjanjian sistem. (Puguh Sujiatmiko/Jawa Pos)

batampos – Belanja online sudah menjadi kebutuhan untuk sebagian besar masyarakat Indonesia. Aktivitas yang satu ini bahkan semakin populer selama masa pandemi belakangan ini. Ada banyak fasilitas yang hadir untuk memudahkan transaksi belanja online, salah satunya adalah paylater. Fasilitas pembayaran yang satu ini memungkinkan Anda membeli produk/ jasa dengan pembayaran di kemudian hari.

Saat ini, hampir semua platform belanja online menyediakan fitur paylater pada sistem pembayaran mereka. Hal ini akan memudahkan, tetapi sekaligus bisa menjadi tantangan tersendiri dalam berbelanja. Bisa jadi, Anda membeli lebih banyak barang dan menimbulkan banyak tagihan di kemudian hari. Penting untuk selalu memiliki kontrol yang baik dalam menggunakan paylater, agar fasilitas pembayaran ini tidak sampai menimbulkan masalah keuangan.

Berikut ini adalah beberapa tips belanja cerdas dan hemat menggunakan paylater yang dapat Anda terapkan.

● Prioritaskan kebutuhan terpenting
Menggunakan layanan Paylater tentu akan memberikan manfaat maksimal, jika Anda gunakan dengan bijak untuk memenuhi kebutuhan. Pastikan hanya kebutuhan penting saja yang akan dibeli menggunakan fasilitas pembayaran ini. Hindari menggunakan paylater untuk berbagai kebutuhan yang hanya bersifat pemborosan dan tidak penting.

Langkah pertama yang wajib dilakukan adalah membuat daftar belanja terlebih dahulu. Tentukan apa saja yang paling penting dan benar-benar harus dipenuhi dengan baik. Misalnya, berbagai kebutuhan pokok, produk pembersih dan juga perawatan kulit, makanan hewan peliharaan, dan yang lainnya. Fokuslah untuk membeli berbagai kebutuhan terpenting ini dan batasi atau hindari kebutuhan lainnya yang tidak begitu penting.

● Manfaatkan momen khusus
Sama halnya dengan belanja offline, belanja online juga memiliki momen khusus untuk bisa mendapatkan penawaran harga terbaik. Lebaran, Natal dan juga tahun baru adalah beberapa momen khusus yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan banyak diskon ketika belanja. Selain ketiga momen tersebut, tanggal cantik setiap bulannya dan juga harbolnas termasuk di dalamnya.

Baca juga:
Kenali Seluk Beluk PayLater yang Ternyata Bikin Belanja Makin Nyaman
Manfaatkan momen khusus di atas untuk membeli berbagai kebutuhan dengan harga yang lebih murah. Pada umumnya, e-commerce akan memberikan banyak penawaran menarik dan diskon yang bisa membuat Anda menghemat banyak uang ketika belanja. Jika perlu, tunda rencana belanja beberapa waktu untuk menikmati momen khusus tersebut.

● Beli dalam jumlah banyak sekaligus
Ada banyak produk yang seringkali dibutuhkan dalam jumlah yang besar secara rutin. Sebut saja beras, perlengkapan mandi dan yang lainnya. Berbagai produk ini biasanya akan dibeli secara berkala, baik itu mingguan maupun bulanan sekaligus. Namun, jika ingin menghemat, membeli produk rutin ini dalam jumlah yang besar akan jauh lebih bijak.

Biasanya e-commerce akan memberikan harga yang lebih murah jika melakukan pembelian dalam jumlah banyak. Berbagai produk ini bahkan seringkali dijual dalam kemasan bundling, baik itu produk sejenis maupun yang berbeda jenis. Kemasan bundling seperti ini pada umumnya akan membuat pembelian menjadi lebih hemat. Selain itu, Anda juga akan hemat waktu berbelanja dan tak perlu membeli produk yang sama secara berulang.

● Manfaatkan voucher dengan maksimal
Voucher juga bisa membuat pembelanjaan menggunakan paylater jadi jauh lebih hemat. Ada banyak jenis voucher yang biasanya disediakan e-commerce, voucher gratis ongkir dan juga cashback adalah yang paling banyak digunakan. Selalu manfaatkan voucher gratis ongkir untuk menghemat biaya belanja.

Voucher cashback juga akan membuat pembelanjaan menjadi lebih hemat, apalagi jika belanja dalam jumlah yang cukup besar. Meski diberikan dalam bentuk poin, cashback tetap bisa digunakan untuk membayar pembelanjaan berikutnya. Selain itu, voucher diskon dan yang lainnya juga bisa menjadi pilihan, sebab e-commerce biasanya menyediakan beberapa pilihan voucher yang berbeda.

● Ikuti flash sale
Flash sale merupakan diskon kilat dalam kurun waktu tertentu, di mana e-commerce menjual produk tertentu dengan harga yang jauh lebih murah. Ini bisa menjadi momen terbaik untuk mendapatkan produk dengan harga paling hemat menggunakan paylater. Tandai produk-produk yang dibutuhkan dan lihat kapan produk tersebut masuk flash sale dan bisa dibeli dengan harga yang murah.

BACA JUGA: Transaksi Astra Financial & Logistic Mencapai Rp 205 M

● Manfaatkan fitur filter e-commerce
Filter merupakan salah satu fitur cerdas yang dimiliki oleh e-commerce dan bisa Anda manfaatkan dengan mudah. Gunakan filter untuk melihat produk-produk yang ditawarkan dengan harga terbaik dan tentunya menguntungkan. Fitur unggulan ini akan memungkinkan Anda menemukan produk yang paling tepat, melakukan perbandingan antara satu produk dengan yang lainnya, termasuk membeli produk terbaik dengan harga termurah.

Manfaatkan Paylater dengan Bijak untuk Berhemat
Menggunakan paylater merupakan salah satu cara praktis dalam melakukan transaksi belanja online. Selain mudah, fasilitas pembayaran yang satu ini bisa membuat pembelanjaan menjadi lebih hemat. Pastikan Anda menggunakan paylater dengan bijak, agar tujuan berbelanja hemat bisa didapatkan. (*)

Reporter: JP Group

Update