Minggu, 26 Mei 2024

Scarlett Johansson Ambil Tindakan Hukum, Fotonya Dipakai Aplikasi AI untuk Iklan

Berita Terkait

Scarlett Johansson. (Sumber Foto: Instagram @scarlett.actress)

batampos – Scarlett Johansson mengambil tindakan hukum terhadap aplikasi AI yang menggunakan nama dan kemiripannya dalam iklan yang dibuat oleh AI tanpa izinnya.

Dikutip Dari The Guardian, Kamis (2/11), iklan berdurasi 22 detik yang diposting di X, platform yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, oleh aplikasi penghasil gambar bernama Lisa AI: Buku Tahunan & Avatar 90-an, menggunakan rekaman asli Johansson untuk menghasilkan gambar dan dialog palsu untuknya.

Baca juga:Rasakan Nyeri di Ulu Hati Saat Kambuh, Penderita Asam Lambung Aman Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini

Perwakilan dari aktor berusia 38 tahun tersebut mengkonfirmasi kepada Variety bahwa dia bukan juru bicara perusahaan dan tindakan hukum yang sesuai telah diambil sejak terlihat pada 28 Oktober.

“Kami tidak menganggap enteng hal-hal ini, sesuai dengan tindakan yang biasa kami lakukan dalam situasi ini, kami akan menanganinya dengan semua upaya hukum yang kami miliki,” kata pengacaranya, Kevin Yorn, kepada Variety.

Video yang direview oleh Variety ini dibuka dengan klip di balik layar Johansson dari lokasi syuting film Marvel Black Widow, “Ada apa teman-teman? Ini Scarlett dan aku ingin kamu ikut denganku” katanya, sebelum layar beralih ke foto buatan AI yang mirip dengannya.

Sebuah suara yang meniru aktor tersebut terus berbicara untuk mempromosikan aplikasi tersebut, “Ini tidak terbatas pada avatar saja.”

“Anda juga dapat membuat gambar dengan teks dan bahkan video AI Anda,saya pikir Anda tidak boleh melewatkannya,” kata narasi palsu tersebut.

Tulisan kecil di bawah iklan tersebut berbunyi, “Gambar dihasilkan oleh Lisa AI Itu tidak ada hubungannya dengan orang ini.” Beberapa aplikasi dari Lisa AI tetap ada di App Store dan Google Play.

Johansson bukan satu-satunya aktor yang secara terbuka menentang penggunaan nama dan kemiripan mereka untuk AI.

Bulan lalu, aktor Amerika Tom Hanks melalui Instagram memperingatkan penggemarnya tentang rencana perawatan gigi yang menggunakan gambar dirinya yang dibuat oleh AI untuk video promosi mereka, “Awas, saya tidak ada hubungannya dengan itu,” tulisnya di Instagram Story-nya.

Dan sejumlah penulis, termasuk komedian Sarah Silverman, telah menggugat ChatGPT yang dikembangkan oleh OpenAI dan perusahaan induk Facebook, Meta, atas pelanggaran hak cipta atas klaim bahwa model kecerdasan buatan mereka dilatih untuk pekerjaan mereka tanpa persetujuan mereka.(*)

Reporter: jpgroup

Update