batampos – Sepeninggal Alessandro Michele, Kering menunjuk Sabato de Sarno untuk menjadi Direktur Kreatif brand Gucci. Sejumlah analis pun menyebutkan ini menjadi tantangan bagi De Sarno sekaligus Gucci kalau mau bertahan sebagai brand dengan daya tarik abadi.
Menghidupkan kembali merek Gucci yang berharga, perlu memicu panas dengan arah baru. Namun ini tugas yang rumit, mengingat penekanan yang juga diberikan oleh para eksekutif pada daya tarik abadi label tersebut.
De Sarno, perancang busana senior dari Valentino. Di brand itu, ia bertugas sebagai Direktur Fesyen Ready to Wear untuk pria dan wanita. Kini, ia ditugaskan sebagai direktur kreatif Gucci guna menghidupkan kembali peruntungan brand luxury itu, yang sebelumnya menyumbang dua pertiga keuntungan Kering di 2021 lalu.
Penekanan model klasik adalah prioritas yang digariskan para eksekutif pada presentasi investor perusahaan tahun lalu, dan Gucci baru-baru ini menghidupkan kembali tas model pegangan bambu dari koleksi 1947, serta tas Jackie over-the-shoulder dari koleksi 1961.
Tetapi para analis mengatakan, De Sarno juga harus menghasilkan gebrakan dengan gaya baru terbaiknya, sebagai sebuah strategi yang secara tradisional melayani brand itu dengan baik, dibandingkan dengan jalan yang diambil oleh beberapa saingan yang lebih fokus pada klasik khas, terutama tas tangan.
“Masa depan Gucci bukan untuk menjadi (Louis,Red) Vuitton, Chanel atau Hermes yang lain, tetapi untuk memelihara konten fesyennya dan mendorong pelanggan kembali ke merek ini,” ujar Antoine Belge, analis Exane BNP Paribas.
Namun, Kering menolak mengomentari strateginya untuk merek tersebut.
Sebelumnya, manajemen Gucci berada di bawah tekanan untuk segera menunjuk direktur kreatif terbarunya, sepeninggal Alessandro Michele yang mendadak , November 2022 lalu.
Perancang flamboyan, yang menjadi favorit Harry Styles dan Lady Gaga itu, telah mengawasi periode pertumbuhan yang meningkat pada 2015-2019, dengan desain yang eksentrik dan gender-fluid.
Namun dalam beberapa kuartal terakhir, Gucci tertinggal dari para pesaingnya termasuk Hermes (HRMS.PA) dan merek top Louis Vuitton (LVMH.PA), dengan kinerjanya di pasar utama Tiongkok menjadi sumber kekhawatiran bagi investor di tengah penguncian Covid-19.
Sementara itu, Analis fesyen, Bernstein Luca Solca mengatakan, Gucci perlu membuat pernyataan yang kuat untuk kembali ke panggung utama. “Gucci harus berada di atas agar bisa berkembang,” kata Solca.
Analis itu menyambut pilihan Kering dari seorang desainer berpengalaman tetapi relatif tidak dikenal, mencatat bahwa direktur kreatif Michele sebelumnya, tidak memiliki profil publik ketika ia diangkat pada 2002 lalu.
“Pilihan berani lain, ya mungkin bekerja harus dengan baik lagi,” kata analis Jefferies Flavio Cereda.
Di antara tantangan yang dikutip oleh Cereda, adalah potensi gejolak karena Gucci membawa orang luar sementara tim desainer sebelumnya masih ada, dan pasti ada waktu yang diperlukan pasar untuk memahami arah baru dari label tersebut.
De Sarno akan menampilkan koleksi Gucci pertamanya, September mendatang di Milan. “Pengalamannya di Valentino menunjukkan estetika yang tidak terlalu eksentrik dibandingkan desainer Gucci sebelumnya” ujar Carole Madjo dari Barclays.
Seperti diketahui, harga saham Kering sebagian besar datar pada Senin (30/1/2023). Cenderung turun 0,1 persen pada 1333 GMT.
Sekarang, semua mata akan tertuju pada bakat dan kreativitas De Sarno, dan bagaimana dia dapat berkolaborasi dengan tim merchandising di Gucci. Mari kita tunggu gebrakannya September mendatang. (*)
Reporter: Chahaya Simanjuntak