Rabu, 7 Desember 2022

Rizal Rama Melenggang di Paris Fashion Week

Berita Terkait

Rizal Rama (istimewa)

batampos– Model muda kebanggaan Indonesia yang berasal dari Surabaya, Rizal Rama melenggang di Paris Fashion Week. Rizal Rama merupakan model muda usia 21 jebolan ajang pekan mode Jakarta Fashion Week (JFW).

Saat berbincang dengan JawaPos.com, Selasa (8/3) malam, Rizal terlihat santai baru saja menyelesaikan semua rangkaian show yang padat di Paris Fashion Week. Ajang pekan mode skala dunia itu digelar pada 28 Februari hingga 8 Maret 2022. Sebetulnya ini adalah kali ketiga untuknya berjalan di runway internasional setelah sebelumnya juga sempat berjalan di runway Milan Fashion Week dan London Fashion Week.

Bagaimana perjalanan karir model dan kehidupannya?

“Saya itu awal mula ikut modelling tahun 2017 di Surabaya. Saat itu saya masih kelas 2 SMA ikut modelling. Saya sebenarnya saat itu masih mencari jati diri karena masih masa SMA. Coba-coba saja. Habis itu coba fokus modelling di Surabaya,” ungkapnya.

Akhirnya ia mencoba merantau ke Jakarta pada tahun 2018. Ia memutuskan tinggal di Jakarta.

“Dan sebelumnya saat itu sebetulnya sempat ada tawaran dari New York, karena masih di bawah umur saat itu, belum bisa berangkat,” tambahnya.

Tahun 2019 sampai sekarang, ia benar-benar menjalani development di dunia modelling. Rizal belajar dunia modelling bagaimana sih sebetulnya seluk beluknya.

“Sampai akhirnya saya interview sama worldwide placement, sebelumnya gabung juga sama personal management di Jakarta,” jelas anak bungsu dari 4 bersaudara ini.

Sejak itu ia semakin fokus berkarir di dunia model. Rizal sampai harus menurunkan berat badannya 10 kilogram.

“Saya disuruh kurusin badan ikuti standar internasional. Dikasih PR turunkan 10 kilo. Awalnya 69-70, lalu disuruh 59-60 kilogram. Mereka fokus sama ukuran lingkar dada, lingkar pinggang,” kata pria penyuka hobi main games itu.

Tawaran dan Peluang Itu Pun Datang

Setelah melewati proses itu, akhirnya ia melakukan interview dengan salah satu manajemen seleb model di Paris. Tahun 2021 ia juga didapuk dan terpiilih menjadi ikon Jakarta Fashion Week JFW 2021.

“Sebelumnya sempat mau berangkat tahun 2021 tapi terganjal masalah visa, itu semuanya benar-benar dadakan. Dan Covid sedang tinggi. Dikasih jalannya barulah pada 2022 saya bisa berangkat pada Januari 2022.

Terjun pertama kali, ia langsung melenggang untuk Milan Fashion Week 2022 lalu Paris Fashion Week dan juga interview dengan agency di London lalu berangkat ke London Fashion Week.

“Seminggu melakukan pre casting, casting, fitting baru show-nya. Sampai di Paris dulu, lalu berangkat ke Milan. Melakukan hal yang sama casting, show, selama 10 hari di Milan, saya balik ke Paris masih tetap casting. Buat jalani koleksi menswear di Paris Fashion Week,” kata dia.

Rizal melenggang di runway untuk label Blue Marble, Solid Homme, Wooyoungmi Fendi, dan panggung couture lewat karya Yuima Nakazato. Ia tak pernah menyangka dari yang awalnya hanya mencoba-coba, kini justru menjadi sesuatu yang ia nikmati alias enjoy karena merupakan passion dalam hidupnya.(*)

Reporter: JP Group

Update